Topic
Home / Berita / Nasional / Pakar Ekonomi Syariah, Sofyan Syafri Harahap, Tutup Usia

Pakar Ekonomi Syariah, Sofyan Syafri Harahap, Tutup Usia

Alm Sofyan Safri Harahap (Facebook)

dakwatuna.com – Jakarta. Pakar sekaligus Praktisi Ekonomi Syariah Prof. Sofyan Syafri Harahap meninggal dunia pada Kamis (2/2) sekitar pukul 20.30 di RSCM, Jakarta. Jenazah Almarhum akan dimakamkan di pemakaman Karet Bivak, Jumat (3/2) siang.

Jenazah diberangkatkan dari rumah duka di Jl. Tebet Timur Dalam I-A/ 4 RT 006 RW 004, Tebet Timur, Tebet, Jakarta Selatan pukul 09.00, untuk disemayamkan di Kampus A Trisakti Grogol di gedung Syarie Tayeb (rektorat). Jenazah akan dimakamkan di karet bivak pukul 1.30, setelah disalatkan bada solat jumat di Masjid kampus Trisakti.

Sofyan Syafri Harahap lahir di Sipangko, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara tahun 1956. Ia memperoleh gelar Sarjana dari Universitas Sumatera Utara dan gelar Master dari Universitas Illinois, Chicago. Gelar Doktor diperoleh beliau dari Universitas Adelaide, Australia, dengan topik disertasi “Pengawasan Bank Indonesia terhadap Bank Komersial”.

Ia memulai karirnya di Bank Duta di Medan (1984-1985), dan kemudian bekerja pada beberapa perusahaan akuntansi yang berbeda di Medan sampai dengan tahun 1992. Sofyan juga adalah Sekretaris Perusahaan dan Controller pada Bank Muamalat (1991-1992). Ia menjabat pada sebuah komite untuk pengembangan perbankan Syariah di Bank Indonesia (2005-2007), Komisaris Independen di Bank Syariah Mandiri (2002-2007), dan juga mengajar di Universitas Trisakti dalam bidang Islamic Economic and Finance (2004 – sekarang).

Ia menjadi Dosen Tamu di INCEIF, Bank Negara Malaysia (2006 – sekarang) dan external examiner di University of Malaysia, Kuala lumpur (2006 – sekarang), La Trobe university, Australia, dan sebagainya. Terakhir ia menjadi Komisaris Independen BNI Syariah sejak Juni 2010. (Ajeng Ritzki Pitakasari/Nur’aini/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Seminar Nasional Kemasjidan, Masjid di Era Milenial

Figure
Organization