Home / Berita / Nasional / Pemerintah Diminta Tak Lelet Terbitkan PP Reforma Agraria

Pemerintah Diminta Tak Lelet Terbitkan PP Reforma Agraria

Kemal Stamboel (Antara)

dakwatuna.comAnggota DPR dari Fraksi PKS (F-PKS), Kemal Azis Stamboel, mengingatkan pemerintah agar memenuhi janjinya untuk menyelesaikan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Reforma Agraria di akhir Januari 2012 ini. Menurutnya, penuntasan RPP Reforma Agraria juga untuk mencegah kasus kekerasan akibat sengketa pertanahan.

“Kita mencatat, pemerintah menjanjikan untuk menerbitkan PP Reforma Agraria pada akhir Januari ini. Saya harap ini dapat dipenuhi. Jangan sampai permasalahan sengketa tanah serta keadilan kepemilikan dan penggunaan tanah seperti pada kasus Bima dan Mesuji terjadi lagi,” kata Kemal Azis Stamboel, melalui rillisnya, Kamis (26/1).

Terhadap RPP Reforma Agraria yang akan diajukan pemerintah tersebut, Kemal juga berharap substansinya mampu menjawab harapan publik. “PP ini harus benar-benar menjadi landasan yang kuat dalam proses redistribusi lahan secara berkeadilan,” harapnya.

Selain itu, penerbitan RPP Reforma Agraria harus pula diikuti kesiapan infrastruktur teknis-operasional yang mendukungnya. “Pemerintah, dalam hal ini Badan Pertanahan Nasional (BPN) harus benar-benar memperhatikan kesiapan infrastruktur teknis operasional pelaksanaan PP dan menjamin bahwa kejelasan status penguasaan dan penggunaan lahan benar-benar clear dan tidak ada masalah. Legalitas dan kejelasan data ini adalah prasyarat utama dalam menjalankan kebijakan ini,” tegasnya.

Lebih lanjut Kemal mengungkap kekhawatirannya jika masalah administrasi ini tidak diselesaikan secara komprehensif maka implementasi kebijakan akan dapat memicu konflik horizontal antar berbagai kelompok dan golongan masyarakat yang berkepentingan.

“Persoalan pokok yang harus dijawab dari kesiapan administrasi antara lain lahan hasil reforma agraria diserahkan ke siapa dan dimana harus diselenggarakan? Lalu, berapa tanah yang harus diberikan kepada penerima?” ujar Kemal.(fas/jpnn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Reklamasi teluk jakarta

DPR dan Pemerintah Sepakat Hentikan Proyek Reklamasi Jakarta