Home / Berita / Nasional / Muhammadiyah Lelang Kaligrafi untuk Biayai Film Jenderal Soedirman

Muhammadiyah Lelang Kaligrafi untuk Biayai Film Jenderal Soedirman

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Pimpinan Pusat Muhammadiyah melelang puluhan karya senirupa dari para seniman Muhammadiyah untuk membiayai pembuatan film Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman yang diperkirakan membutuhkan dana Rp30 miliar.

“Pameran dan lelang ini untuk penggalangan dana bagi pembuatan film dokumenter Jenderal Soedirman,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), Dr. H. Suyatno, M.Pd yang membuka Pameran Senirupa Islami “Kepada Matahari” bersama dan Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Tohari di Uhamka Pasar Rebo Jakarta, Senin.

Seni yang dipamerkan ini berupa karya senirupa kaligrafi hingga bentuk gambar timbul di atas bingkai logam. Rektor Uhamka menjadi pembeli pertama karya senirupa tersebut seharga Rp30 juta.

Para seniman perupa Muhammadiyah tersebut antara lain Ahmad Zaenuri, Tri Purwanto, Rispul hingga Saiful Adnan yang karya-karyanya dikoleksi Mahatir Mohammad hingga Raja Fahd.

Sementara itu, Ketua PP Muhammadiyah bidang Majelis Lingkungan Hidup dan Lembaga Seni Budaya dan Olahraga Sukriyanto AR mengatakan, film kolosal Jendral Soedirman ini dijadwalkan sudah mulai syuting akhir Juli dan bisa tayang pada Hari Pahlawan 10 November tahun ini.

“Sutradaranya masih tentatif, kemungkinan Eros Djarot, sedangkan bintang-bintangnya masih akan dipilih melalui sejumlah audisi casting,” katanya. (D009/Aditia Maruli/Ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 8,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Keluarga Siyono membawa bungkusan uang yang diberikan Densus 88 saat mendatangi kantor Muhammadiyah Yogyakarta. (muhammadiyah.or.id)

Muhammadiyah Desak Kasus Siyono Masuk ke Tahap Penyidikan