Home / Berita / Daerah / Futsal Amal Mahasiswa Ekonomi Syariah untuk Palestina

Futsal Amal Mahasiswa Ekonomi Syariah untuk Palestina

Futsal Syar'i Cup (danu)

dakwatuna.comPermainan Futsal memang sudah tidak asing menjadi hiburan banyak warga Indonesia dalam mengisi waktu luangnya. Bahkan permainan futsal menjadi permainan terpopuler di semua kalangan masyarakat Indonesia. Karena selain menyehatkan, permainan ini terbilang cukup menyenangkan. Di sisi lain, ada beberapa mahasiswa ekonom syariah sebuah kampus yang mencoba mengadakan pertandingan futsal untuk tujuan lebih bermanfaat lagi.

Pertandingan futsal kali ini dirancang untuk aksi kemanusiaan, yaitu Pertandingan Futsal Amal untuk menggalang dana bagi rakyat Palestina. Mereka adalah ormawa STEI SEBI bernama SEBI Solidarity for Palestine (SSP) yang menyelenggarakan Futsal Amal. Futsal Amal tersebut memiliki nama yaitu Syahru Intifadhah (Syar’i) Cup.

Syar’i adalah nama sebuah rangkaian acara Palestina yang diselenggarakan bagi umum dan mahasiswa STEI SEBI. Pertandingan futsal amal tersebut adalah salah satu dari aneka rangkaian acara Syar’i 4 untuk Palestina. Dimana rangkaian acara Palestina terwujud dalam aneka bentuk acara, seperti Perlombaan Futsal Amal ini.

Pertandingan Futsal Amal ini melibatkan tim futsal dari perwakilan semua kelas, kampus STEI SEBI. Adapun tujuan dari pertandingan Futsal Amal yang bernama Syar’i Cup, selain untuk menyehatkan jasmani seorang muslimin, juga mengikatkan ukhuwah antar sesama pemuda Islam. Dan tentunya mempunyai tujuan penting, yaitu penggalangan dana bagi Rakyat Palestina yang masih diblokade zionis Israel. Yang membuat kita yakin, jangankan rakyat Palestina untuk bermain futsal, untuk belajar dan bekerja saja kesulitan sekali di sana.

Kita rakyat Indonesia pasti masih terngiang akan pertandingan persahabatan antara Timnas senior dan Timnas Palestina lalu. Hasil pertandingan tersebut membuat Indonesia menjadi pemenang pertandingan bola, yang mengalahkan Palestina dengan skor 4-1. Dan tentu pertandingan tersebut membawa kenangan tersendiri bagi rakyat Indonesia, yaitu persahabatan lama yang sempat erat. Dimana timnas Indonesia sempat mengundurkan diri dari penyisihan piala dunia hanya karena satu grup dengan Israel. Sungguh menyadarkan kembali banyak orang terutama kaum muslimin.

Adapun penyisihan pertandingan Futsal Amal sesama mahasiswa STEI SEBI, dimulai sejak 13 desember  2011 sampai 5 januari 2012 menghabiskan banyak waktu. Pertandingan yang biasa diadakan rabu dan Jum’at setiap pekannya, diselenggarakan di lapangan Duren Sari dekat kampus. Terlihat semua pemain nampak antusias dan semangat untuk memenangkan turnamen bergengsi kali ini. Bendera Palestina dan Indonesia juga nampak mewarnai arena pertandingan. Pertandingan ini sendiri melibatkan 18 kelas dengan anggota tim dari ikhwan.

Sejak awal pertandingan, banyak tontonan yang cukup menakjubkan dalam proses mencetak gol ke gawang lawan masing-masing. Mulai dari adu strategi, adu otot, gocekan-gocekan pemain, sampai gol bunuh diri atau tindakan lucu lainnya yang cukup membuat gelak tawa penonton pertandingan. Tak terelakkan pula, banyak protes dan sanksi antara pemain serta wasit terhadap hasil pertandingan.

Pertandingan futsal yang cukup seru tersebut diselenggarakan di akhir jam kuliah, sore hari atau malam hari. Kehebatan pertandingan kali ini adalah semua pemain dapat bermain secara sportivitas. Semua pemain dari tingkat junior dan senior terlihat rukun, sejak awal sampai akhir pertandingan. Pertandingan tersebut selalu dimulai dengan foto bersama dan bersalam-salaman antara pemain.

Sudah banyak macam-macam kejadian saat pertandingan berjalan, mulai dari babak 16 besar, semifinal, perempat final, sampai babak final. Dan setiap memasuki babak penyisihan selanjutnya, muncul semangat baru masing-masing tim untuk menang kembali.

Ketika sampai di babak final, piala kejuaraan akan diperebutkan 2 calon juara. Mereka adalah kelas 2011 B 1 dengan 2011 E. Dan saat pluit tanda mulainya pertandingan dibunyikan, maka kedua tim segera melancarkan serangannya untuk mencetak gol-gol terbaiknya. Pertandingan seru tersebut, diwarnai aksi berjibaku antar sesama pemain. Tak khayal, suasana pertandingan diwarnai aksi saling menyusul skor dalam mencetak gol. Dan berkat kerja kerasnya, tim kelas 2011 B 1 menjadi juara Syar’i Cup dalam Perlombaan Futsal Amal untuk Palestina.

Tim 2011 B 1 memenangkan pertandingan terhadap 2011 c dengan skor tipis 7-6 untuk 2011 B 1. Alhamdulillah sunduq yang terkumpul berjumlah Rp.540.000. Memang bola itu bundar. Segala sesuatu dapat terjadi dalam hasil akhir pertandingan. Dan semua itu adalah kehendak Allah SWT. Semoga aneka acara kaum muslimin, bisa membangkitkan atau minimal mengingatkan kita akan kepedulian sesama saudara seiman di Palestina. (danu)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 6,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Perbatasan Jalur Gaza-Israel. (aa.tr.com)

Israel Bangun Pagar Beton Tutup Terowongan Bawah Tanah Hamas