21:13 - Sabtu, 30 Agustus 2014

Cak Nun: Indonesia Butuh Label Haram

Rubrik: Nasional | Kontributor: dakwatuna.com - 29/12/11 | 13:45 | 04 Safar 1433 H

Emha Ainun Najib (Pikiran Rakyat)

dakwatuna.com – Yogyakarta. Sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim, Indonesia justru membutuhkan label haram dalam makanan. Pasalnya, saat ini standarisasi makanan yang diterapkan pemerintah merujuk pada kepentingan perdagangan.

“Indonesia justru butuh label Haram. Sedangkan, Amerika butuh label Halal karena Muslim minoritas di sana,” kata budayawan Emha Ainun Najib dalam diskusi refleksi akhir tahun Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah, Kamis (29/12).

Emha yang akrab disapa Cak Nun ini membandingkan cara penyembelihan ayam pada warung gudeg di Yogyakarta dengan cara penyembelihan ayam di gerai ‘Fried Chicken’ dari luar negeri. Menurutnya, cara penyembelihan ayam pemilik warung gudeg menggabungkan teknologi dengan syariat Islam. Sedang, ‘Fried Chicken’ menyembelih dengan massal dan sekali potong.

Dengan sistem penyembelihan itu, rakyat Indonesia dipaksa secara sukarela makan ‘bangkai ayam’ di gerai ‘Fried Chicken’ milik asing. Pemerintah, kata dia, justru membuat standarisasi makanan yang sesuai dengan WHO. Padahal, standarisasi harus sesuai dengan kondisi setiap wilayah. Efeknya, banyak pedagang asongan yang mengeluh tentang pelarangan berjualan di sekolah-sekolah. (Didi Purwadi/Agus Raharjo/RoL)

Redaktur: Hendra

Keyword: , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (17 orang menilai, rata-rata: 8,94 dalam skala 10)
Loading ... Loading ...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • iwan

    itu mungkin di indonesia…penyembelihan ayamnya KFC secara massal…tapi di negara islam lain…setiap perusahaan makanan atau apa2 aja yng perlu sertifikasi halal….mereka harus memiliki eksekutif yang bertugas ngawasin kehalalan proses

  • http://limacahaya.blogspot.com/ Amikhomisah

    label Haram? hohoo bingung jadinya…

    Tapi bener juga sih.. tekhir kali makan fried chicken itu di ,,,, Kapan yah? ah basi lama bgd.. pas SMA.. iya kira-kira  5 tahun yg lalu pas ada ultah temen…

    mikir dlu sih klo kstu mdngan makan ayam tempat sederhana.. tp gak jamin juga sih…

  • NF

    semoga k depannya ada *wishing*

  • Anonymous

    kalo mau ada label haram sok aja. tapi label haram harus tetep ada. karena, kita musti jelas makan apa yang halal dan makanan apa yang haram. 

    *tapi bukannya kalo ada makanan dengan label haram malah jadi gak laku ya? orang jadi ogah dong bwat diperiksa

  • Ansyari Spd Sh

    Jujur harusnya memang sejak dulu dibuat label haram.Ketegasan itu perlu untuk mendidik masyarakat muslim terhindar dari subhat

Iklan negatif? Laporkan!
76 queries in 1,144 seconds.