Home / Berita / Internasional / Afrika / Partai Islam Maroko Rebut Sebagian Besar Kursi Parlemen

Partai Islam Maroko Rebut Sebagian Besar Kursi Parlemen

Abdelilah Benkirane, Sekjen Partai Keadilan dan Pembangunan (PJD) Maroko, mengepalkan tangannya ketika konferensi pers di Rabat, Maroko, Ahad (27/11/2011) (AFP/Getty Images)

dakwatuna.com – Rabat. Partai Islam moderat Maroko PJD memperoleh bagian terbesar kursi dalam pemilihan anggota dewan negara itu.

Hasil akhir menunjukkan, Ahad, dalam pertanda terakhir dari kebangkitan gerakan berdasar agama sejak demonstrasi Arab Spring.

Kemenangan Partai Keadilan dan Pembangunan (PJD) di Maroko itu terjadi sebulan setelah Tunisia menyerahkan kekuasaan kepada sebuah partai Islam moderat yang sebelumnya dilarang. Ikhwanul Muslimin di Mesir juga diperkirakan akan bekerja dengan hasil baik dalam pemilihan yang dimulai Senin ini.

PJD, yang akan mendapatkan kesempatan pertamanya untuk memimpin pemerintah koalisi, telah mengatakan mereka akan meningkatkan keuangan Islam tapi mengarah jelas untuk melaksanakan aturan moral yang ketat di negara yang tergantung pada pariwisata itu.

Partai itu, yang almarhum pendirinya adalah seorang dokter kakek Raja Muhammad, setia pada monarki dan mendukung perannya sebagai otoritas agama tertinggi di negara itu.

PJD memperoleh 107 kursi dalam parlemen yang memiliki 395 kursi, menurut hasil pemilihan dari kementerian dalam negeri yang disiarkan oleh kantor berita resmi MAP. (S008/C003/Desy Saputra/Ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 7,60 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi - Peta Turki di antara negara-negara di dunia. (ontheworldmap.com)

Kudeta Gagal di Turki dan Ujian Loyalitas Keislaman