Topic
Home / Dasar-Dasar Islam / Sirah Nabawiyah / Jalan Sang Dai – Mekkah, Karakter Alami Pemikul Risalah

Jalan Sang Dai – Mekkah, Karakter Alami Pemikul Risalah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Bukan karena di Mekkah dakwah Islam akan berhasil sedang di tempat lain tidak terjamin kesuksesannya seperti analisis beberapa sejarawan. Jika seperti itu, artinya Islam tidak mampu dimulai selain dari Mekkah. Islam hanya cocok untuk Arab. Islam tidak lebih hebat dari Mekkah. Bukan seperti itu. Karena Islam pasti tertancap di bumi ini, di manapun ia bermula dan bergerak. Tanpa limitasi teritori.

 

Lalu mengapa Mekkah? Mengapa tidak Mesir seperti nabi-nabi sebelumnya, atau di negeri besar penuh peradaban seperti Roma dan Persia, atau negeri bersejarah tua seperti India atau Cina?

 

Hanya Allah yang tahu dengan kesempurnaan ilmu dan ketelitiannya memilih tempat. Namun dalam konteks meneliti jalan dakwah sang dai, perlu analisis tentang mengapa Mekkah yang dipilih Allah.

 

Satu hal yang pasti, bahwa tidak setangkai dahan patah atau senafas angin bertiup tanpa sebab. Dan kisah agung Sang Dai dari awal markas dakwahnya lebih tidak mungkin tanpa sebab. Mencari rahasia Mekkah berarti menelusuri kualitasnya, sehingga kualitas ini menjadi model paling sempurna bagi dai untuk direkonstruksi di masa kini dan masa depan. Kualitas itu ada pada kesederhanaan manusianya. Orang-orang Arab yang tinggal di sana. Mereka punya budaya. Budaya itu adalah sejarah, tabiat, bahasanya.

 

Dr. Raghib as-Sirjani menyebut sepuluh hikmah dari kesederhanaan Mekkah yang justru memberikan kekuatan bagi dakwah Islam. Pertama, kemurnian risalah. Manusia-manusia Arab tidak mempunyai sejarah berfilsafat. Satu-satunya pegangan hidup mereka adalah agama Ibrahim yang masih ada sedikit sisanya, di sedikit orang. Mereka adalah manusia paling sederhana dalam hidup. Menjadi ekor peradaban dan penonton kehidupan. Bahkan hati mereka lebih dekat dengan gurun dibanding kota metropolit. Berbeda dengan Yunani yang ribuan tahun mabuk dalam filsafat, atau Roma yang sibuk dengan seabreg undang-undang, hukum-hukum, dan filsafat warisan. Apalagi Cina dengan filosofi kentalnya, atau Persia dengan ajaran Zoroasternya dan India dengan sistem kastanya.

 

Lalu dari ketiadaan filsafat, pemikiran dan undang-undang itu muncullah Islam yang dibawa Rasulullah di tengah masyarakat Mekkah, menawarkan seperangkat aturan hidup. Dalam kondisi seperti ini pun masih ada yang menuduh bahwa Muhammad berguru, mengkaji, berkelana mencari data dan konsep untuk mengarang Qur’an. Lalu bagaimana jika ia turun di tempat lain, nyaringlah suara-suara yang menuduh bahwa Risalah itu hasil modifikasi filsafat Yunani klasik, atau ajaran Zoroaster yang disempurnakan, atau filosofi Cina yang diarabkan. Bahkan Allah tidak menurunkan risalah ini di Palestina, agar manusia tidak mengatakan Islam hanyalah corak baru ajaran Yahudi dan Nasrani, bahwa Muhammad merevisi Taurat dan Injil sedikit-sedikit. Semua itu terbantahkan karena karakter Arab Mekkah yang primitif saat itu tidak mempunyai pengalaman dengan ajaran manapun. Kesederhanaan Mekkah menjamin orisinalitas ajaran Muhammad, bahwa Qur’an yang dibawanya bukanlah produk manusia tapi kalam Pencipta semesta. Dalam kesederhanaan inilah kualitasnya.

 

Kedua, mukjizat militer. Penduduk Mekkah tidak pernah mempunyai pasukan khusus sepanjang sejarahnya, apalagi tentara terlatih yang terorganisir. Karakter mereka adalah berpecah dan berperang antar suku, hingga dalam satu syair “jika tak lagi kami dapati musuh, maka kuganggu saudaraku agar perang mulai tumbuh”. Lalu tiba-tiba saja setelah datang Islam, pejuang-pejuang lokal seperti Khalid, Amr bin ‘Ash, Qa’qa bin Amr, Zaid bin Haritsah, Muhammad bin Maslamah, Abu ‘Ubaidah al-Jarrah menjulang namanya ke langit sejarah. Bahkan dalam buku ‘‘Prinsip-prinsip Peperangan’’ karangan Napoléon Bonaparte, strategi-strategi militer Khalid tertulis dengan rinci di sana. Dalam 13 tahun setelah Rasulullah wafat Persia yang berumur ribuan tahun ditaklukkan, dalam waktu itu pula mayoritas daerah kekuasaan Roma yang perkasa diambil alih.

 

Jika penaklukan-penaklukan spektakuler ini digelar oleh sebuah kerajaan yang mempunyai sejarah militer panjang, senjata lengkap, dalam sebuah wilayah besar tentu tidak aneh. Tapi mustahil manusia-manusia gurun yang sederhana yang tanpa pengalaman mampu meraih kesuksesan militer yang gilang gemilang kecuali dengan sentuhan Ilahi. “…bukan engkau yang melempar saat engkau melempar, tapi Allah yang melempar, dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin…” [Al-Anfal: 17]

 

Karakter alami Mekkah ini justru semakin menampakkan kualitas Islam. Dan kualitas inilah yang perlu direkonstruksi di zaman ini. Karena kualitas ini adalah kaidah-kaidah untuk membangun umat kapan pun itu.

 

Yaitu umat harus menjaga orisinalitas sumber agamanya [Qur’an dan Sunnah] dari tuduhan dan penodaan; dan keyakinan bahwa Allahlah yang mutlak memberikan kemenangan-kemenangan gemilang Islam walau umat dalam jumlah yang sedikit.

 

Inilah dua dari sepuluh hikmah Mekkah yang menjadi kekuatan Islam. Saat kualifikasi tersebut terpenuhi di generasi ini, maka bendera Islam perlu dijahit kembali. Karena para dai akan memasangnya pada tombak dakwah dan akan kokoh menggenggamnya untuk menaikkannya kembali ke puncak peradaban.

Redaktur: Samin Barkah, Lc. M.E

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (17 votes, average: 9.29 out of 5)
Loading...
Muhammad Elvandi lahir di Bandung, tahun 1986. Ia menyelesaikan seluruh pendidikan dasarnya di Bandung: SDN Cibuntu 5, SLTPN 25 dan SMUN 9. Bahasa Arab mulai dikenalnya dari dasar selama dua tahun di Ma’had Al Imarat dan bahasa Inggris selama sembilan bulan di LIA. Skill kepemimpinannya terlatih sejak pramuka, menjadi ketua IKMA rohis SLTPN 25, ketua bidang tarbiyah PRISMAN SMUN 9, dan president UCC (United Conversation Club) dan presiden mahasiswa BEM Al Imarat. Pengalaman menulis pertamanya adalah sebuah novel kepahlawanan di zaman perang salib ‘Syair Cinta Pejuang Damaskus‘ tahun 2006. Pertengahan tahun 2007 mendapatkan beasiswa kuliah S-1 di Universitas al-Azhar Mesir, jurusan Da’wah wa Tsaqâfah al-Islâmiyyah hingga selesai tahun 2011. Selama menjadi mahasiswa di Mesir kembali menekuni aktivitas kepenulisan hingga terbit buku ‘’Inilah Politikku’’. Juga terjun dalam organisasi mahasiswa dan menjadi ketua BPA-PPMI. Dan menjadi pembicara di puluhan forum Keislaman, Kepenulisan, Leadership, Public Speaking dan Politik. Ia menggemari sastra secara umum, juga buku-buku sejarah, pemikiran, dan politik. Tahun 2011 Elvandi meneruskan kuliah ke Perancis. Mempelajari bahasa Perancis dalam setahun di Saint Etienne lalu mengambil Master Filsafat di Institut Europeen des Sciences Humaines de Paris hingga 2014. Ia menjadi konsultan pendidikan dan keislaman untuk komunitas pekerja perusahaan Internasional Total Paris, juga menjadi pembicara keislaman dan keindonesiaan di KBRI Perancis, KBRI Autria, KBRI London, Forum Keislaman IWKZ Berlin, SGB Utrech Belanda, KIBAR United Kingdom, dan beberapa komunitas muslim lokal di Newcastle, Manchester, Glasgow dan Aberdeen. Tahun 2014 Elvandi mengambil mengambil Master kedua di University of Manchester pada program MA Political Science: Governance and Public Policy yang diselesaikan di pertengahan 2015. Saat ini Elvandi membangun beberapa lini bisnis di Indonesia dan Eropa, juga menjadi pembicara di forum-forum dalam dan luar negeri, serta menjadi dosen di Telkom University Bandung. Elvandi juga membina berbagai komunitas anak muda di Indonesia. MUDA Community (www.muda.id) adalah komunitas Muslim Berdaya yang fokus membangun kemampuan pemikiran dan ilmu-ilmu keislaman di generasi muda. Juga AFKAR Institute, adalah lembaga kajian strategis, Think Tank yang mengkaji tema-tema strategis keumatan di level Indonesia dan global.

Lihat Juga

“Trump baik bagi Israel, buruk bagi bangsa Yahudi”

Figure
Organization