Home / Berita / Nasional / Idul Adha Jatuh Pada 6 November

Idul Adha Jatuh Pada 6 November

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Hari Raya Idul Adha jatuh pada 6 November 2011. Hal tersebut berdasarkan pelaksanaan sidang yang melibatkan tim gabungan dari ormas-ormas Islam serta ahli astronomi.

“Berdasarkan sidang Itsbat yang dilakukan Kementerian Agama, telah ditetapkan jatuhnya 10 Dzulhijjah itu bertepatan pada hari Ahad atau 6 November 2011,” kata Ketua Bidang Ukhuwah Islamiyah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Umar Syihab, dalam jumpa pers di Kantor MUI, Jl Proklamasi, Jakarta, Selasa (1/11/2011).

Umar menambahkan, agar umat Islam menyembelih hewan kurban saat pelaksanaan Idul Adha serta membagi-bagikannya kepada fakir miskin. Hewan kurban yang disembelih harus sempurna dan tidak memiliki cacat sedikit pun.

“Itu juga agar memberikan pelajaran kepada kita dalam melakukan sebuah kegiatan harus sempurna,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni’am Sholeh, menjelaskan jika terjadi perbedaan perayaan Hari Raya Idul Adha merupakan pelanggaran terhadap syariat agama. Pasalnya, otoritas penentuan Hari Raya Idul Adha diberikan kepada pemerintah.

“Jelas dari sisi syar’i itu tidak sejalan dengan ketentuan hukum Islam. Karena penetapan tersebut diberikan kepada negara dalam hal ini adalah Kementerian Agama,” tandas Umar. (nal/vit/dtc)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (10 votes, average: 9,60 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

lomba film pendek

Lomba Film Pendek Islami Antar Pesantren se Indonesia