Home / Berita / Nasional / Indonesia Tuan Rumah Konferensi Media Islam Internasional

Indonesia Tuan Rumah Konferensi Media Islam Internasional

Sekjen Kementerian Agama, Bahrul Hayat (kemenag.go.id)

dakwatuna.com – Jakarta. Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Media Islam Internasional ke-2. Konferensi ini diharapkan bisa memberi keseimbangan informasi mengenai Islam dan masyakarat Muslim di seluruh dunia.

”Konferensi ini berupaya memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi komunikasi untuk meningkatkan kesejahteraan umat Islam,” kata Sekjen Kementerian Agama, Bahrul Hayat, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (20/10).

Bahrul mengestimasi konferensi ini bakal dihadiri sekitar 400 peserta. Negara pesertanya terdiri dari negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan negara bukan anggota OKI.

Konferensi ini akan dilangsungkan pada 13-15 Desember mendatang. Dijadwalkan konferensi ini akan dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. ”Sedangkan untuk penutupannya dijadwalkan kehadiran wakil presiden.”

Bahrul menegaskan konferensi ini tidak akan menyisipkan agenda politik. Namun tidak menutup kemungkinan, kata dia, dalam konferensi tersebut akan dibahas pula masalah terorisme dan Palestina.

”Streotipe mengenai terorisme dan Islam itu memang diakibatkan karena adanya ketidakseimbangan informasi. Begitu juga dengan Palestina,” kata Bahrul. ”Namun dalam konferensi ini tidak ada fokus pada urusan politik.”

Lebih lanjut Bahrul menjelaskan definisi media Islam yang terlibat dalam konferensi ini tidak merujuk pada identitas keagamaan. Namun labelisasi Islam di sini lebih menunjukkan media-media yang terdapat di negara-negara bermayoritas muslim.

Sementara itu untuk konferensi ini, Kementerian Agama bekerja sama dengan Rabithah Alam Islami. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari konferensi pertama yang pernah digelar pada 1980.

Untuk kegiatan ini, Bahrul mengatakan, akan dihadirkan 20 orang keynote speaker. Dari Indonesia, akan hadir lima pembicara. ”Di antaranya Azyumardi Azra, Komaruddin Hidayat, Alwi Dahlan dan Parni Hadi,” katanya. (Johar Arif/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,25 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Karena Bingkai Kita Adalah Media Sosial