Home / Berita / Internasional / Afrika / PPPA Daarul Qur’an Sinergi dengan NGO Afsel Bantu Muslim Somalia

PPPA Daarul Qur’an Sinergi dengan NGO Afsel Bantu Muslim Somalia

(Foto: Khairul/detikcom)

dakwatuna.com – Cape Town. Kelaparan yang terjadi di Somalia terus mendapat perhatian. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, lembaga kemanusiaan dari Indonesia bekerjasama dengan tiga lembaga di Afrika Selatan (Afsel) mendesain program bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Somalia.

Kerjasama itu digagas Program Pembibitan Penghafal Al Qur’an (PPPA) Daarul Qur’an, dengan Daarul Islam Zakaah Fund (Daizaf), Muslim Judicial Council (MJC) dan Al Quds Foundation. Satu tim kecil PPPA saat ini sudah berada Cape Town, dan tengah melakukan persiapan-persiapan akhir, termasuk pematangan jenis bantuan dan lokasi pendistribusian.

“Kerjasama dengan ketiga lembaga di Afsel ini merupakan aliansi yang sangat stategis. Tidak hanya untuk program bantuan bagi Somalia saja, tetapi juga untuk program lain di masa akan datang yang membawa kepentingan masyarakat Indonesia, dan juga untuk kepentingan program PPPA di Afrika Selatan,” kata relawan PPPA Sunaryo Adhiatmoko di Cape Town, Rabu (5/10/2011).

Disebutkannya, pilihan untuk bekerjasama dengan ketiga Non Government Organization (NGO) tersebut, tidak lepas dari keberadaan perwakilan atau cabang PPPA Daarul Qu’ran yang ada di Afsel. Selain itu juga dilatari pertimbangan upaya mengajak masyarakat di Afrika untuk dapat lebih intens membantu masyarakat di Somalia.

“Kita mengedepankan cabang di sini untuk melaksanakan program bantuan kemanusiaan tersebut, sedangkan bantuan yang akan diberikan berasal dari donasi masyarakat Indonesia melalui PPPA di Jakarta,” kata Sunaryo.

Untuk tahap awal, bantuan yang diberikan rencananya bantuan logistik, sedangkan untuk tahap jangka panjang PPPA ingin berperan dalam untuk upaya membantu Somalia melalui serangkaian program pendidikan. Program itu antara lain memberikan beasiswa untuk tingkat universitas bagi pelajar asal Somalia.

“PPPA memang memiliki cabang di beberapa negara lain, tetapi dalam program beasiswa pendidikan perguruan tinggi ini, pilihan yang diberikan antara belajar di Indonesia atau di Afrika Selatan,” kata Sunaryo. (rul/anw/DTC)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

(Foto: safa.ps. Inset: Al-Quran Al Karim)

Al-Quran yang Shalih LiKulli Zaman Wal Makan Membuktikan Bahwa Li Kulli Zaman Rijaaluhu