Home / Berita / Internasional / Asia / Pertemuan Menag se-ASEAN Bahas Peradaban Islam Nusantara

Pertemuan Menag se-ASEAN Bahas Peradaban Islam Nusantara

Ilustrasi (majalah-historia.com)

dakwatuna.com – Mataram. Menteri-menteri Agama dari negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia, Selasa (4/10/2011), mengadakan pertemuan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pertemuan Senior Official Meeting (SOM) ke-36 itu membahas topik bertemakan “Membangun Peradaban Islam Nusantara”.

SOM diikuti 40 peserta dan dibuka Gubernur NTB Zainul Majdi , Selasapagi di Hotel Sentosa, obyek wisata Senggigi, Lombok Barat, 13 km utara Mataram.

Hadir antara lain Delegasi Brunei Darussalam yang dipimpin Ustaz Haji Abdul Aziz bin Orang Kaya Maharajalela Haji Yussof, selain Tuan Haji Othman bin Mustapha dari Malaysia, dan Haji Mohamad Alami Musa dari Republik Singapura.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementrian Agama Bahrul Hayat, dalam sambutan pada acara pembukaan SOM, thema itu diusung mengingat Islam Nusantara telah tumbuh dan berkembang secara dinamis, melalui sejarah panjang perkembangan Islam di Asia Tenggara.

Dalam perjalanan waktu panjang itu, kata Bahrul, teruntai khazanah keislaman berupa sejarah sosial, intelektual dan sejarah kebudayaan, yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari perjalanan umat Islam A sia Tenggara.

Karena itu, merujuk thema itu, pertemuan SOM kali ini dapat difahami sebagai upaya mendirikan, membina, menegakkan kemajuan dalam hal kecerdasan fisik, intelektual dan spiritualitas berdasarkan Islam yang bernuansa kenusantaraan. (Khaerul Anwar/Marcus Suprihadi/KCM)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Pemuda dan Kejayaan Islam