ankara escort Wordpress Tema c99 Shell Program Rumah Tahfizh Qur'an Indonesia Dikembangkan di Afsel - dakwatuna.com
Home / Berita / Internasional / Afrika / Program Rumah Tahfizh Qur’an Indonesia Dikembangkan di Afsel

Program Rumah Tahfizh Qur’an Indonesia Dikembangkan di Afsel

Ilustrasi (detikcom)

dakwatuna.com – Cape Town. Program menghafal Al-Quran yang diterapkan di Indonesia, ternyata diminati di Afrika Selatan. Saat ini, satu sekolah Islam di Cape Town, mengembangkan program Rumah Tahfizh tersebut.

Program ini mulai berjalan lima bulan terakhir yang dikembangkan oleh Syech Adam Philander, salah seorang tokoh Islam berpengaruh di Cape Town, Afrika Selatan.

Menurut Adam, ketertarikan untuk mengembangkan program tersebut, bermula dari kunjungannya ke Indonesia pada Mei 2011. Saat itu, dia menghadiri wisuda akbar penghafal Al-Quran yang diadakan Pusat Pembibitan Penghafal Al-Quran (PPPA) Yayasan Daarul Qur’an, di Masjid At Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

“Saya terharu, melihat ribuan orang yang datang di acara itu. Jamaah sangat antusias menghafalkan Al-Quran,” kata Adam dalam perbincangan dengan detikcom di Cape Town, Senin (3/10/2011).

Setelah melihat acara wisuda akbar itu, Adam kemudian melihat langsung metode penghafalan Quran yang berlangsung di Pesantren PPPA Darul Quran yang berada di Ciledug, Jakarta Selatan. Saat itu dia ditemani Ustadz Yusuf Mansur, pendiri pondok pesantren tersebut.

“Saya kagum dengan pola yang diterapkan di sana, dan berpikir untuk mengembangkannya di Cape Town, tempat saya tinggal,” kata Adam yang kemudian menjadi representasi PPPA Daarul Qur’an di Afrika Selatan.

Saat ini, kata Adam, pihaknya terus berusaha mengembangkan program itu. Ada beberapa poin yang ingin dicapai Adam, di antaranya menghafal Al-Quran harus jadi budaya bagi masyarakat muslim Afrika Selatan. Di Afrika Selatan, jumlah umat muslimnya hanya tiga persen dari sekitar total 49 juta penduduk. (rul/fay/Khairul Ikhwan/dtc)

Redaktur: Samin Barkah, Lc. ME

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 8,80 out of 10)
Loading...Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

(Foto: Khairul/detikcom)

PPPA Daarul Qur’an Sinergi dengan NGO Afsel Bantu Muslim Somalia