Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / AS Bekukan Dana Bantuan Palestina

AS Bekukan Dana Bantuan Palestina

Ilustrasi - Anak-anak Gaza, Palestina (inet)

dakwatuna.com – Washington. Parlemen Amerika Serikat memutuskan untuk memblokir dana bantuan senilai 200 juta dollar AS bagi Palestina sebagai respon atas upaya negara tersebut melamar sebagai anggota PBB.

“Anggota Komite Senat Urusan Luar Negeri membekukan dana bantuan tersebut hingga masalah kedaulatan Palestina dikeluarkan,” kata seorang pejabat AS sebagaimana dilansir Al-Arabiya, Sabtu (1/10) kemarin.

Paket bantuan ekonomi tersebut terpisah dari bantuan keamanan yang dipandang parlemen AS akan menjadi kontraproduktif. Parlemen AS takut pemotongan dana tersebut akan melemahkan kemampuan pasukan keamanan Palestina menumpas kelompok kekerasan anti-Israel.

Koalisi Israel dukungan Partai Demokrat dan anggota parlemen dari Partai Republik yang konservatif di Parlemen AS murka terhadap tawaran Palestina untuk menjadi anggota PBB. Baik Israel maupun AS bersikeras bahwa hanya negosiasi secara langsung yang dapat menghasilkan kesepakatan yang mengarah pada kedaulatan Palestina.

Anggota parlemen dari Demokrat, yang membidangi pengawasan terhadap bantuan asing, Nita Lowey, memperingatkan bahwa dana bantuan ekonomi dan keamanan untuk otoritas Palestina senilai 500 juta dollar AS setiap tahunnya memiliki resiko.

Dana bantuan ini dimaksudkan untuk bantuan pangan, perawatan kesehatan dan pembangunan negara, harusnya sudah ditransfer kepada otoritas Palestina selama tahun fiskal AS yang berakhir pekan lalu. (Chairul Akhmad/Ditto Pappilanda/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization