Home / Berita / Internasional / Amerika / MUI: Soal Palestina, Negara Teluk Bisa Menekan AS, Tapi…

MUI: Soal Palestina, Negara Teluk Bisa Menekan AS, Tapi…

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Negara-negara Timur Tengah khususnya di kawasan Teluk, punya posisi tawar yang cukup kuat terhadap AS terkait masalah Palestina. Pertanyaanya, beranikah negara-negara teluk memainkan posisi tawar itu.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Luar Negeri, Muhyiddin Junaidi memaparkan posisi tawar itu tidak pernah digunakan lantaran negara-negara Teluk memiliki “utang budi” kepada AS. Padahal kalau saja digunakan tentu akan menguntungkan Palestina.

“Peran mereka sebagai produsen utama minyak dunia dapat menekan AS. Tahun 1973 silam, mereka berhasil mendesak AS untuk menekan Israel dengan mengenakan embargo suplai minyak ke AS,” papar ia saat berbincang dengan republika.co.id, Kamis (29/9).

Muhyiddin menambahkan dengan utang budi, tentu sulit untuk mengharapkan dorongan besar dari negara-negara Teluk dalam memperjuangkan permohonan keanggotaan Palestina di PBB. Menurut dia, hanya Turki yang mungkin memberikan peranan.

Tapi tetap saja sulit karena posisi tawar Turki tidak sebesar negara-negara Teluk. “Ya, balik lagi ke niatan mereka,” paparnya. (Ajeng Ritzki Pitakasari/Agung Sasongko/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (7 votes, average: 9,86 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Negara2 teluk rata2 mereka khan antek Israil dan perpanjangan tangan Amirika  dan mana mau membantu saudaranya Plestinya…ada hanya mempetentangkan Sunny dengan Syiah dan ujung2nya cakar2an sesama Islam yang pada ujungnya orientasi mereka hanya kekuasaan dan kekayaan …dan kalau masalah solidaritas sesama muslim itu hanya sebatas basa basi

  •  Negara2 teluk hampir rata2  mereka sebenarnya hanya antek Israel dan perpanjangan tangan Amirika dan sangat suli diharap untuk membantu Palestina secara Serius..karena dianggap akan mengancam kepentingan mereka terutama masalah kekuasaan….dan yang ada hanya mempertentangkan antara Sunny dengan Syiah akhirnya yang terjadi cakar2an sesama muslim dan bukan lagi menyatukan kekuatan untuk melawan Zionuis Israel dan Amirika…inilah penyakitnya masayarakat kita…sehingga nilai2 solidaritas itu hanya sebatas dibibir

  • BramSonata

    Kekuatan Barat–yg didalamnya antaralain Inggris/perancis/AS –diibaratkan oleh orang jawa, sebagai ASU GEDE MENANG KERAHE. mereka ini sedang diberikesempatan Tuhan, saat ini, untuk bersimaharajalela(sewenang-wenang dan bengis/brutal dan kejam). Mereka masuk didalam peradaban IBLIS(kekeuatan gelap), yg siapapun seperti apapun kekuatannya, akan kalah menghadapi mereka untuk sementara waktu ini.
    MUI mengatakan minyak sebagai senjata? bukan minyak untuk mengalahkan mereka, tetapi manusia Islam yg murni tauhidnya sebanyak 1% dari total umat islam yg ada saat ini, cukup untuk mengalahkan dan menghanccurkan peradaban Iblis, yg didalamnya kekuatan barat ini. Sekarang sudah JELAS, Murnikan Tauhid anda, berarti anda termasuk dari 1% umat Islam yg murni dan bersih tauhidnya, bebas / seteril dari kemusrikan/kesirikan.

Lihat Juga

Talk Show Palestine Solidarity Day di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (aspacpalestine.com)

Bersama ASPAC, UIN Syarif Hidayatullah Gelar Seminar 69 Tahun Pembagian Palestina