Home / Berita / Nasional / Mulai 2012, Kurikulum Perbankan Syariah di SMK Sudah Terstandarisasi

Mulai 2012, Kurikulum Perbankan Syariah di SMK Sudah Terstandarisasi

Ilustrasi (RoL)

dakwatuna.com – Jakarta. Para guru yang tergabung dalam Majelis Musyawarah Guru Perbankan Syariah (MMGPS) akan segera menyerahkan susunan standar kurikulum untuk siswa SMK jurusan perbankan syariah ke Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Diharapkan pada 2012 nanti, kurikulum SMK jurusan perbankan syariah telah terstandarisasi sehingga memiliki kualifikasi lulusan yang setara.

Penyusunan standar kurikulum SMK tersebut dilakukan oleh perwakilan dan guru dari 15 SMK jurusan perbankan syariah di Indonesia. Standar kurikulum tersebut juga telah melalui workshop pada Rabu (28/9) kemarin. Workshop tersebut difasilitasi PT Bank Muamalat Indonesia.

Ketua umum MMGPS, Yuli Rahayu mengatakan perkembangan SMK jurusan perbankan syariah relatif pesat. Ada lebih dari 15 SMK yang telah memiliki jurusan perbankan syariah. Namun, selama ini pelajaran yang diberikan belum memiliki kesamaan standar kompetensi. “Dengan adanya standar, kita memiliki acuan kualifikasi apa yang harus dimiliki lulusan,” ujarnya.

Kurikulum yang disusun para guru tersebut lebih banyak mengenai bagaimana praktek perbankan syariah. Hal ini lantaran SMK juga menyiapkan lulusan yang dapat menjadi pekerja menengah.

Para lulusan dari SMK perbankan syariah dapat disalurkan ke Baitul Mal wa Tamwil (BMT) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Kompetensi yang dimiliki para lulusan itu telah memadai untuk mengisi posisi seperti teller dan account officer.

Lulusan SMK perbankan syariah selama ini telah berhasil disalurkan ke perbankan. Menurut Yuli, hampir 30 persen lulusan SMK perbankan syariah terserap ke perbankan. (Stevy Maradona/Nuraini/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 5,50 out of 10)
Loading...Loading...
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi - Suasana di sebuah Kantor Asuransi. (kontan.co.id)

Konsep Ta’awun (Tolong Menolong) dalam Asuransi Syariah

  • ade saripudin

    kurikulum perbankan syariah kapan bisa do download

  • nawawi

    dimana saya bisa dapatkan kurikuluk perbankan syariah itu
    saya sedang mengelola smk perbankan syariah di gatut