Home / Berita / Internasional / Asia / PM Palestina Dukung Berdirinya Negara Palestina, Dengan Syarat Tidak Mengakui Israel

PM Palestina Dukung Berdirinya Negara Palestina, Dengan Syarat Tidak Mengakui Israel

PM Palestina Ismail Haniyah (getty images)

dakwatuna.comIsmail Haniyah, Senin (26/9) mengatakan bahwa pemerintahan yang ia pimpin di Gaza mendukung penuh berdirinya negara Palestina, tentunya dengan sarat tanpa ada pengakuan terhadap eksistensi penjajah Zionis, dan tidak pula mundur dari tiap jengkal teritorial tanah Palestina yang sudah diabadikan dalam sejarah.

Hal ini disampaiakan oleh PM Palestina dalam acara pembukaan Konfrensi Ilmiah ke-2 di Gaza. Haniah mengatakan, “Kami tidak menentang pendirian negara Palestina, bangsa ini sendiri sudah berperang lebih dari 60 tahun untuk mendapatkan kemerdekaan, kami menginginkan permasalahan Palestina tetap menjadi topik utama, namun negara Palestina tidak akan berdiri melalui cara-cara nego seperti ini, tapi ia akan berdiri melalui sikap bertahan dan perlawanan”

Haniah meminta kepada para pejabat Palestina agar tidak menghadapi politik Amerika sendirian, ia mengajak bangsa Palestina kepada persatuan dan kebangkitan umat.

Haniah yang juga merupakan pejabat teras di jajaran petinggi Hamas menegaskan, bahwa dirinya telah siap untuk kembali melanjutkan pembicaraan nasional dan memulihkan rekonsiliasi Palestina.

Sebagaimana yang tersiar dalam media, bahwa Presiden Palestina Mahmud Abbas dalam pidatonya di hadapan Sidang Majelis Umum PBB bahwa ia menarik keinginan semulanya untuk mendapatkan 78% dari tanah Palestina, dan hanya mengharapkan sisanya saja, atau 22% saja. Pernyataan Abbas ini disimpulkan oleh koran harian Israel, Haaretz, bahwa permintaan Abbas kepada PBB pada dasarnya memiliki arti pengakuan terhadap eksistensi negara Yahudi.

Sedangkan gerakan politik Hamas bersikap lain, Hamas berjanji tidak akan membiarkan sejengkal dari tanah Palestina jatuh ke tangan penjajah. Hamas sebagai gerakan perlawanan yang konsisten telah berulang kali berhadapan dengan tekanan seperti ini, dan turut dalam berbagai macam peperangan dan kuat dalam bertahan tanpa sedikitpun sikapnya melemah terhadap penjajah. (msy/imo/knrp)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (25 votes, average: 9,52 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Supporter Indonesia membuat Aksi Atraktif dengan membentuk Koreo Bendera Palestina saat Laga Timnas dengan Malaysia, Selasa (

Kreasi Apik Bendera Palestina Iringi Laga Indonesia vs Malaysia