Home / Berita / Internasional / Amerika / Dunia Islam Seharusnya Miliki Hak Veto

Dunia Islam Seharusnya Miliki Hak Veto

Ilustrasi - Gedung Markas PBB (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Niatan mulia Palestina untuk menjadi anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) runtuh seketika dengan dikeluarkanya hak veto oleh AS. Padahal hak veto AS hanya mencerminkan kepentingan AS sendiri bukan dunia.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Luar Negeri, Muhyiddin Junaidi menilai hak veto tidak lagi relevan dengan perkembangan kekuatan dunia. Apalagi saat ini, telah muncul kekuatan baru seperti Rusia, China, Brazil, dan Afrika Selatan. “Saya kira tidak lagi relevan,” paparnya kepada republika.co.id di Jakarta, Selasa (27/9).

Muhyiddin memaparkan kepemilikan hak veto oleh AS, Rusia, Cina, Perancis dan Inggris tidak mencerminkan representasi dunia dalam usaha mewujudkan perdamaian sejati selayaknya tujuan didirikannya lembaga PBB. Idealnya, hak veto dimiliki oleh negara perwakilan dari lima dunia. “Memang ada cuma anggota tidak tetap DK PBB,” paparnya.

Semestinya, ungkap Muhyiddin, keanggotaan DK PBB pemilik hak veto terdiri dari negara-negara yang mewakili lima benua dimaksud. Misalnya saja, Afrika diwakili oleh Afrika Selatan. Lalu ada perwakilan Timur Tengah, Asia dan Osenia atau Amerika Latin.”Alih-alih, dunia Islam layak lho memiliki hak veto,” paparnya.

Sayang, meski kepemilikan hak veto mencerminkan ketidakadilan atau ketidaksejajaran, sulit untuk mengubah posisi itu. Apalagi, untuk mengubahnya bakal menghadapi tantangan dari pemain lama. Sebabnya, merupakan hal mustahil untuk mewujudkan itu. “Sulit memang, tapi perlulah untuk dikaji segala kemungkinan agar tatanan dunia yang adil dan sejati terwujud,” pungkasnya. (Siwi Tri Puji B/Agung Sasongko/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (7 votes, average: 8,57 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Salah sendiri, percaya pada PBB….jelas-jelas ini lembaga boneka. Ga pernah ada kemerdekaan dengan cara mengemis pada penjajah.

  • Tasnimsoleh

    makanya nggak usah ikut dan masuk PBB itukan kumpulan orang orang nggak bener alaias orang kafir terkutuk,,,,dan pBB banyak pemimpinya nggak beres,, ngapain ikut kesitu mendingan mendirikan Khilafah yang diwajibkan dalam Islam dan dijalankan oleh Nabi muhammad sesuai perintah ALLOH    untuk menjadikan manusia sebagai khalifah dimuka bumi…

Lihat Juga

Ilustrasi, (inet)

Syiar Qurban, Syiar Hak dan Kasih Sayang