Topic
Home / Berita / Nasional / Persatuan Tarbiyah Islamiyah Selenggarakan Munas IX

Persatuan Tarbiyah Islamiyah Selenggarakan Munas IX

dakwatuna.com – Jambi. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka Musyawarah Nasional IX Persatuan Tarbiyah Islamiyah di Jambi, Kamis malam. Ikut hadir mendampingi Presiden, Menteri Agama Suryadharma Ali, Mendagri Gamawan Fauzi, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Mendiknas Muhammad Nuh serta Gubernur Jambi Hasan Basri Agus.

Hadir pula pada Musyawarah Nasional Persatuan Tarbiyah Islamiyah itu akan berlangsung hingga Minggu (25/9) itu Ibu Negara Ani Yudhoyono. Ketua Umum Pengurus Persatuan Tarbiyah Islamiyah dr H Basri Bermanda mengatakan, musyawarah nasional ini merupakan agenda lima tahunan selain untuk mengevaluasi program juga akan menyusun program baru sekaligus memilih program baru.

Dalam sambutannya, Basri juga mengatakan pandangan Persatuan Tarbiyah Islamiyah yang mengharapkan kepemimpinan nasional dapat berjalan dengan baik dan menyelesaikan masa tugasnya hingga akhir. “Setiap pemimpin ada zamannya, setiap zaman ada pemimpinnya. Presiden Yudhoyono adalah pemimpin yang tepat pada zamannya, saat ini perlu pemimpin yang santun, cerdas dan berilmu,” katanya.

Meski muncul pandangan beragam, namun kata Basri, pemerintahan saat ini ada capaian yang dihasilkan. Dalam bagian lainnya, Basri mengatakan, perlu ada “reshuffle” kabinet sehingga kabinet bisa terus bekerja dengan baik. “Semua memang hak prerogratif Presiden dan Tarbiyah Islamiyah tidak masuk ranah politik,” katanya.

Dikutip dari situs Tarbiyah Islamiyah Sumatera Barat, Persatuan Tarbiyah Islamiyah didirikan di Candung, Bukitinggi, pada 5 Mei 1928 yang dipelopori oleh tiga ulama, Buya Syekh Sulaiman Arrasuli, Buya Syekh Muhammad Jamil Jaho dan Buya Syekh Muhammad Sab’ad Mungka.

Sejak didirikan Persatuan Tarbiyah Islamiyah berpaham Ahlussunnah Waljama’ah dan menganut azhab Syafi’i Rahimahullah. Sebagai salah satu organisasi sosial-keagamaan Persatuan Tarbiyah Islamiyah telah berkembang dengan baik dan tersebar ke berbagai daerah di Indonesia serta telah banyak memberikan kontribusi dalam pembinaan umat, pembangunan bangsa dan negara.

Presiden dan Ibu Negara Ani Yudhoyono melakukan kunjungan kerja selama tiga hari di Jambi sejak Rabu (21/9) hingga Jumat (23/9). (Krisman Purwoko/Antara/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.33 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kaderisasi Pemuda: Investasi Tegaknya Agama

Figure
Organization