Home / Berita / Nasional / Tahun Depan, Hafidz Al-Qur’an Masuk Tanpa Tes di UNS

Tahun Depan, Hafidz Al-Qur’an Masuk Tanpa Tes di UNS

Ilustrasi (kaskus.us)

dakwatuna.com – Solo. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan langkah terpuji. Mulai tahun depan, siswa setingkat SMA yang hafal Alquran (hafidz) bisa masuk melalui jalur tanpa tes di universitas tersebut.

‘’Keputusan ini sudah mendapatkan persetujuan dan dukungan dari semua pihak. Tahun depan kami rencanakan dimulai, hafidz Quran akan diterima tanpa tes di UNS,’’ kata Rektor Prof Ravik Karsidi.

Saat menutup tarawih di kantor pusat UNS yang berlangsung tujuh kali sejak awal Ramadan lalu, dia mengatakan hal itu sebagai sebuah dukungan atas upaya memberikan nuansa kerohanian bagi kampus.

‘’Kami ingin membentuk insane yang tidak saja memiliki kecerdasan otak, namun sekaligus juga memiliki kesalehan social yang dilandaskan pada ajaran agama, khususnya Alquran,’’ kata dia.

Karena itulah keberadaan para hafidz di kampus itu, diharapkan akan menularkan virus kesalehan seorang manusia yang memiliki ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sekaligus diharapkan akan membawa kesalehan bagi para warga kampus lainnya.

Tidak hanya itu, Ravik juga meminta kepada pengelola fakultas sampai ke jurusan maupun program studi, untuk menjadwalkan secara rutin adanya tausiah ataupun semacam pengajian rutin di lingkungan mereka.

‘’Saya yakin ini salah satu upaya membentuk manusia Indonesia yang berkarakter. Pendidikan karakter itu harus ditanamkan melalui pemahaman agama secara baik oleh semuanya. Karena itu diharapkan langkah ini bisa berlanjut terus,’’ kata dia.

Rektor juga meminta kepada dosen agama Islam di setiap fakultas untuk memelopori kegiatan tersebut di lembaganya. Mereka harus bisa menjadi contoh dalam pengalaman nilai keagamaan bagi lainnya.

‘’Saya ingat di awal-awal bekerja di UNS ini, ada semacam ketakutan atau keengganan seorang dosen yang menunjukkan identitas keislamannya. Situasi dan kondisinya saat itu memang berbeda dengan sekarang,’’ kata dia.

Namun saat ini, justru setiap warga kampus harus bisa menjadi pelopor dalam mengamalkan ajaran agamanya, dan menunjukkan jati dirinya sebagai seorang Islam yang memiliki kesalehan. (Joko Dwi Hastanto/CN34/JBSM/SMCN)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (53 votes, average: 9,32 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Alreza_thariq

    ayo UGM…ikuti dong?

  • Anonim

    Kemajuan dalam dunia pendidikan dalam pola penerimaan mahasiswa baru.
     

  • Fuadtamam

    subhanallah..kami mendukung itu..palagi kami juga merintis klitiq di fp uns

  • Fuad_laeli

    ayo LIPIA, madinah islamic university, univ al azhar, UIN, UI, ITB, IPB dll. so pasti deh barokah

  • Al Asyhar

    Selain tanpa tes, cakep juga kalau ada beasiswa. Karena bea pendidikan sekarang sangat mahal, jadi beasiswa kelihatannya lebih mengena, deh.

  • Dyah Ika

    subhanallah… jadi bangga nie alumni uns… kangen pengen kesana lagi… :)

  • Dyah Ika

    subhanallah… jadi bangga nie alumni uns… kangen pengen kesana lagi… :)

  • Dyah Ika

    subhanallah… 
    jadi bangga nie jadi alumni uns..
    kangen merasakan hawa segar di kampus uns solo tercinta ^^

  • Dyah Ika

    subhanallah… 
    jadi bangga nie jadi alumni uns..
    kangen merasakan hawa segar di kampus uns solo tercinta ^^

  • subhaanallah…langkah yg sangat mengesankan….siip..dukung penuh deh…ayo univ yg lain ikutan dong

  • Pendiq8

    afwan yg bisa masuk tanpa tes  itu jurusan apa saja ya??? apa untuk semua jurusan atau hanya jurusan tertentu ya…??apa jurusan kedokteran juga termasuk didalamnya (tanpa tes)

Lihat Juga

Ilustrasi. (mamhtroso.com)

Al-Fatihah, Kunci Pembuka