Home / Berita / Nasional / Mensos Dampingi Anak Yatim Belanja Bareng untuk Kebutuhan Lebaran

Mensos Dampingi Anak Yatim Belanja Bareng untuk Kebutuhan Lebaran

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Mall atau pusat perbelanjaan gemerlap lainnya selama ini seperti “asing” dimata anak yatim. Maklum, kondisi ekonomi terbatas membuat mereka harus menahan keinginan berbelanja disana. Tapi bersama Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU, hasrat itu bukan mimpi lagi.

Menteri Sosial DR Salim Segaf Al Jufri MA bersama Fadli (Vokalis PADI) dan Yana Julio akan menyertai sejumlah anak yatim dan dhuafa belanja kebutuhan lebaran, Minggu (14/8/2011) di Jakarta. Acara yang digagas oleh lembaga kemanusiaan nasional PKPU bekerjasama dengan Lintasarta Indonesia, Telkom Indonesia, Carrefour Indonesia dan sejumlah lembaga dan perusahaan lainnya menghadirkan 400 anak yatim.

Acara bertajuk “Belanja Bareng Yatim” ini akan dilaksanakan di Gerai Carrefour Cempaka Putih, Jl Jend A Yani No. 83, Jakarta Pusat mulai pukul 10.00-16.00 WIB. Selain Mensos, Fadli, Yana Julio, Meyda ‘Husna’ Safira (Carrefour Lebak Bulus) dan Cheche Kirani (Carrefour Bintaro), turut hadir dalam acara tersebut Chairul Tanjung, Presiden Komisaris PT Carrefour Indonesia, DR Hidayat Nurwahid MA, Penasehat PKPU, Mr Frits Seegers, CEO Para Group, Wishnutama, Presiden Direktur Trans TV, Atiek Nur Wahyun, Direktur Trans 7, Kuswanto, Chief of Property Officer PT Carrefour Indonesia, Adji Srihandoyo, Direktur Corporate Affairs PT Carrefour Indonesia.

Selain itu, hadir pula Samsriyono Nugroho selaku President Director PT Aplikanusa Lintasarta, Senior General Manager CDC Telkom, R. Gatot Rustamadji, Direktur Utama PKPU Agung Notowiguno, Aep Sunarya, Manager CDC Area Jabotabek dan Banten, Deputi Dirut PKPU Sri Adi Bramasetia, Direktur Penghimpunan PKPU Wildhan Dewayana, dengan MC Dinna Sabriani.

Pada kesempatan tersebut pihak donatur akan memberikan voucher belanja kepada 400 anak yatim dan dhuafa, yang penyerahannya kepada anak yatim dilakukan oleh Mensos didampingi oleh Dirjen Pelayanan Rehabilitasi Sosial Ma’mur Sanusi PhD dan Dirut PKPU secara simbolis.

Ketua Pelaksana Program Belanja Bareng Yatim PKPU, Jumadi Kurniawan mengatakan, program BBY adalah program penyaluran santunan langsung PKPU berjalan sejak tiga tahun lalu. Program ini didanai oleh dana dari para donatar PKPU baik yang berasal dari individu ataupun perusahaan. “Di pusat sendiri akan diikuti sebanyak 1600 anak yatim di delapan titik. Untuk itu PKPU bekerja sama dengan 40 yayasan,” ungkap Jumadi.

Jumadi menjelaskan, melalui program ini setiap anak yatim dan dhuafa dipersilakan memilih barang belanjaan yang disukai dan dibutuhkan. Sementara itu, untuk memudahkan anak-anak yatim bertransaksi di kasir, pihak Carrefour rencananya membuka sebanyak 6 kasir khusus bagi mereka.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PKPU Agung Notowiguno mengatakan, merupakan kebahagiaan tersendiri dapat berbagi dan membahagiakan anak yatim dan dhuafa saat lebaran nanti. “Dengan cara ini kita berharap mereka dapat merasakan kebahagiaan sebagaimana dirasakan anak-anak lainnya yang masih memiliki orang tua dan berkecukupan,” kata Agung.

Agung mengajak berbagai pihak untuk memperhatikan nasib anak yatim dan dhuafa. Apalagi dalam momen-momen menjelang Idul Fitri seperti ini. “Jangan biarkan ada anak yatim dan dhuafa kelaparan karena tidak memiliki makanan,” kata Agung Notowiguno.

Agung juga mengatakan kegiatan Belanja Bareng Yatim tersebut merupakan kegiatan secara nasional PKPU dan serentak dilaksanakan di kota besar di Indonesia. “Direncanakan akan memecahkan rekor MURI dan diikuti sebanyak 3.333 anak yatim seluruh Indonesia dan diliput melalui live streaming di PKPU.Tv (http://pkpu.tv/bby/),” ungkap Agung Notowiguno.

Untuk itu, Agung mengajak umat Islam untuk terus meningkatkan kesadaran dengan membayarkan zakat. “Sebaiknya disalurkan melalui lembaga amil zakat daripada langsung sehingga lebih efektif dan tepat sasaran,” pungkas Agung.

Di lokasi berbeda, President Director PT Aplikanusa Lintasarta Samsriyono Nugroho menyampaikan, “Lintasarta sangat mendukung kegiatan positif yang dilaksanakan oleh PKPU. Dengan membantu 500 anak yang tersebar di kantor perwakilan Lintasarta antara lain Medan, Bandung, Surabaya dan tentunya di Jakarta, kami berharap anak-anak bisa dengan ceria dan bahagia dalam menjalankan kegiatan ini. Program Berbagi Ceria Bersama Anak Yatim dan Dhuafa ini, kami harapkan memberikan dampak yang positif buat mereka, sehingga mereka dapat memilih barang belanjaan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.”

“Kami berharap program ini dapat memberikan pelajaran berharga bagi para anak yatim dan kami berharap kerjasama dengan PKPU bisa dikembangkan ke sektor lain. Carrefour yang selama ini menyediakan pasar bagi produk hasil UKM di Indonesia, mempunyai harapan bahwa UKM binaan PKPU dapat berkembang bersama kami,” ujar Hendrik Adrianto, Head of External Communication and Corporate Social Responsibility PT Carrefour Indonesia.

Lokasi Pelaksanaan di 24 Titik bersamaan se-Indonesia:

  1. Jakarta Pusat : Carrefour Cempaka Putih
  2. Jakarta Selatan 1 :  Carrefour MT Haryono
  3. Jakarta Selatan 2 : Carrefour Lebak Bulus
  4. Jakarta Selatan 3 : Carrefour Blok M Square
  5. Bekasi : Giant Hyper Mall Bekasi
  6. Depok : Carrefour ITC Depok
  7. Tangerang : Carrefour Bintaro
  8. Tangerang Selatan : Carrefour  Ciputat
  9. Yogyakarta : Carrefour Maguwoharjo
  10. Padang : Ramayana Plaza Andalas Jl Pemuda
  11. Bandung : Paris Van Java Mall
  12. Aceh : Pante Perak Pasaraya
  13. Surabaya : Carrefour Dukuh Kupang No. 126 Surabaya 60225
  14. Medan : Carrefour Plaza Medan Fair Jl Gatot Subroto
  15. Semarang : Carrefour Srondol Semarang
  16. Kudus : Ramayana Simpang Tujuh
  17. Tegal : Pasific Mall
  18. Purwokerto : Moro Grosir dan Ritel Purwokerto
  19. Boyolali : Luwes Swalayan
  20. Karanganyar : Hipermareket Jl Ahmad Sni 308 Surakarta
  21. Bengkulu : Hypermart Bengkulu Indah Mall
  22. Makassar : Carrefour Panakukang
  23. Balikpapan : Hypermart Balikpapan
  24. Bukittinggi : Ramayana Plaza Bukittinggi

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 9,83 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Berbagi Kebahagian, PKPU– Artos Mall Magelang Ajak 40 Anak Yatim Berwisata