Home / Berita / Nasional / Dauroh Ramadhan 1432 H ARH UI – Dauroh Pemuda: Peran Pemuda dalam Kebangkitan Islam

Dauroh Ramadhan 1432 H ARH UI – Dauroh Pemuda: Peran Pemuda dalam Kebangkitan Islam

Peserta ikhwan daurah Ramadhan se-Jabodetabek ARH UI

Mengangkat tema peran pemuda dalam kebangkitan Islam, dauroh Ramadhan PPKR 1432 H Masjid Arif Rahman Hakim Universitas Indonesia menggebrak Jabodetabek.

dakwatuna.com Dauroh Ramadhan yang berlangsung hari Sabtu (6/8/2011) adalah salah satu rangkaian kegiatan Ramadhan yang diadakan oleh masjid At-Tauhid Arif Rahman Hakim Universitas Indonesia untuk memperingati datangnya bulan suci yang penuh ampunan ini. Berawal dari keprihatinan akan menurunnya peran pemuda dalam menjaga tegaknya agama Islam di daerah jabodetabek, para panitia yang awalnya hanya akan mengadakan dauroh umum seperti agenda tahun lalu, mengubah secara signifikan konsep dauroh menjadi dauroh pemuda yang membahas bagaimana peran pemuda untuk menegakkan kejayaan agama Islam.

Dauroh Ramadhan ini dimulai pada pukul 9.00 WIB tepat dan berakhir pada pukul 14.30 WIB. Selama lima setengah jam waktu yang diberikan, dauroh ini dibagi menjadi tiga sesi besar yang diisi oleh berbagai ustadz yang ahli di bidangnya masing-masing. Sesi pertama, bertema peran pemuda dalam memakmurkan masjid, tidak tanggung-tanggung diisi oleh Ust. Salim A Fillah, seorang penulis buku best seller dalam Dekapan Ukhuwah yang juga merupakan ketua pengurus masjid percontohan Indonesia. Dalam sesi pertama tersebut, para peserta dipaparkan bahwa peran pemuda sangatlah vital dalam meramaikan masjid serta bagaimana seharusnya yang dilakukan para pemuda untuk meramaikan masjid. Setelah itu, dauroh dilanjutkan dengan tema Al-Quran dan pembentukan karakter pemuda muslim yang diisi oleh ust. Itang Rusmana serta sesi ketiga setelah shalat dzuhur yang berupa training motivasi dengan instruktur seorang pakar hipnoterapis dari Trust-co yaitu Fajriya Febri yang membantu para peserta dauroh menjadikan bulan Ramadhan kali ini lebih bermakna. Antusiasme para pemuda Jabodetabek untuk mengikuti dauroh ini bisa dibilang sangat tinggi.

Terhitung lebih dari 300 orang pelajar SMP, SMA, mahasiswa, maupun pemuda umum, baik ikhwan maupun akhwat, datang dari Jakarta, Tangerang, bahkan Bogor untuk mengikuti acara tersebut dari awal sampai akhir. Antusisme mereka tak hanya berhenti sampai di situ, tingginya antusiasme mereka juga tampak dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada setiap sesi, sehingga para pembicara tidak sempat menjawab semuanya karena keterbatasan waktu. Selain terdapat pemaparan berbagai materi oleh para pembicara, dauroh Ramadhan kali itu juga digunakan sebagai ajang launching GAMMA yang merupakan singkatan dari Keluarga Muslim ARH. GAMMA sendiri merupakan remaja masjid At-Tauhid ARH UI yang nantinya akan bertanggung jawab untuk melaksanakan berbagai kegiatan keislaman yang berkaitan dengan para pemuda di masjid At-tauhid ARH UI seperti dauroh Ramadhan ini. (wrk/Muhammad Wildan Rabbani)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ekonomi Syariah (Ilustrasi) - (skalanews.com)

Indonesia Menjadi Pusat Keuangan Perbankan Islam Dunia, Mungkinkah?