Topic
Home / Pemuda / Pengetahuan / Ramadhan Guide

Ramadhan Guide

Pekan pertama Ramadhan 1432H ini, Badr Interactive meluncurkan aplikasi Google Android “Ramadhan Guide”. Di versi awalnya, aplikasi gratis ini memberikan 4 fitur yaitu: Jadwal Imsakiyah, Artikel Ramadhan, Evaluasi Ibadah dan Acara Ramadhan.

Jadwal Imsakiyah menginformasikan pengguna waktu shalat 5 waktu ditambah imsak. Informasi waktunya terbilang detail karena tidak hanya jam dan menit sebagaimana jadwal imsakiyah umumnya, aplikasi ini menampilkan sampai satuan detik. Hal ini dimungkinkan karena perusahaan mobile application ini mengambil database jadwal shalat dari PKPU (www.pkpu.or.id), Lembaga Kemanusiaan Nasional yang database jadwal shalatnya sudah menjadi rujukan.

Bagian Artikel Ramadhan berisi knowledge base yang relevan dengan kebutuhan muslim di bulan Ramadhan. Artikel dikelompokkan ke dalam kategori-kategori sehingga memudahkan pengguna mencari artikel yang dibutuhkannya. Untuk sumber artikel, developer yang berbasis di UI Depok ini bekerja sama dengan www.dakwatuna.com, sebuah web portal Islam terdepan yang dikelola Lembaga Kajian Dakwatuna untuk menyajikan informasi, pengetahuan dan sentuhan hati kepada kaum muslimin. Selain dari portal dakwatuna.com, terlihat pula beberapa artikel karya Syeikh Maulana M Zakariyya Raha yang disadur dari bukunya yang terkenal, Fadhilah Ramadhan.

Menu berikutnya pada aplikasi ini adalah Mutabaah Ibadah, bahasa Arab populer yang berarti evaluasi ibadah. Di sini pengguna dapat menset target ibadahnya selama bulan Ramadhan, berapa kali shalat tarawih, shalat dhuha, infaq, berapa banyak tilawah Qur’an dan sebagainya. Kemudian pengguna dapat mengisi catatan ibadah yang sudah dikerjakannya per hari. Ada pula menu statistik yang menampilkan diagram batang seberapa jauh capaian ibadah yang telah dilakukan dibanding target yang diset.

Fitur berikutnya adalah Acara Ramadhan. Fitur ini unik sendiri karena berupa user collaboration. Pengguna disuguhkan daftar acara-acara seperti Ceramah, Pengajian, Bazar, Itikaf dsb yang berasal dari submit pengguna yang lain. Semua pengguna aplikasi ini dapat mensubmit acara Ramadhan yang diketahuinya untuk dilihat pengguna lain. “Biar acara-acara Ramadhan itu semakin banyak yang tahu jadi makin ramai yang datang.”, tutur M Sani, CEO Badr Interactive.

Aplikasi ini bisa didownload dari Android Market dengan mencari: “Ramadhan Guide” dari “Badr Interactive”. Produk lain Badr Interactive yang insya Allah bermanfaat untuk moment Ramadhan ini adalah “Complete Quran (Indonesia)” juga bisa didownload dari Android Market.

Link:
Ramadhan Guide: http://market.android.com/details?id=com.bi.ramadhan
Complete Quran: http://market.android.com/details?id=com.bi.quran.id

Redaktur: Samin Barkah, Lc. M.E

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 8.90 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Survei Produk: Learn Islam on Mobile

Figure
Organization