Home / Berita / Nasional / Jelang Puasa, Mentan: Stok Daging Sapi Masih Cukup

Jelang Puasa, Mentan: Stok Daging Sapi Masih Cukup

dakwatuna.com – Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menyatakan, stok da­ging sapi masih mencukupi men­je­lang puasa. Untuk itu, menteri asal PKS ini berjanji akan me­nindak importir daging nakal yang memainkan harga.

“Saat ini stok daging masih mencukupi. Termasuk daging impor karena kebutuhan sam­pai Juli-September sudah di­beri kuota dan ditambah sesuai per­mintaan,” ujar Suswono di Ja­karta, kemarin.

Menurutnya, kebutuhan per bulan untuk daging sapi men­capai 7.000 ton dari jumlah seha­rusnya 21.000 ton. Namun, un­tuk puasa dan Lebaran stok akan ditam­bah satu bulan sehingga menjadi 28.000 ton.

Suswono mengatakan, seba­nyak 60.000 ekor sapi tiap bulan akan dipotong untuk memenuhi stok yang ada. “Itu sudah dila­kukan sebelum penghentian eks­por sapi oleh Australia. Apa­lagi setelah dibuka lagi, mereka su­dah bisa masuk untuk me­nam­bah itu (stok),” jelasnya.

Pihaknya berjanji akan me­ngam­bil tindakan kepada para pelaku usaha tersebut jika terjadi ke­naikan harga sepihak.

“Kalau naik (harga) dan bisa dilacak siapa pelaku usaha yang lakukan itu, kita akan berikan sanksi. Untuk importir nakal, kuotanya akan dikurangi atau malah sampai pada tingkat skor­sing,” tegas Suswono.

Menurut Mentan, pihaknya sejauh ini baru mem­beri imbauan bersifat moral kepa­da para im­portir sapi tersebut.

Menjelang puasa memang bebera­pa komoditas kebutuhan pangan masyarakat masih me­nunjukkan kenaikan harga. Na­mun, peme­rintah mengklaim kenaikannya hanya 5 persen.

“Kalau kita lihat harga minggu ketiga Juli dibanding bulan Juni yang naik adalah beras, telur, dan ayam,” kata ujar Menteri Perda­gangan (Mendag) Mari Elka Pangestu, kemarin. (rm/RMOL

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Muslim Uighur (cdnimage.terbitsport.com)

KAMMI Mengecam Keras Larangan Puasa Ramadhan di Xinjiang

Organization