Home / Berita / Nasional / Menteri BUMN: Belum Ada Rencana Bank BUMN Syariah

Menteri BUMN: Belum Ada Rencana Bank BUMN Syariah

dakwatuna.com – Jakarta. Pembentukan Bank BUMN Syariah baru tampaknya tidak akan terjadi.

Sebab, Menteri BUMN Mustafa Abubakar menginginkan akan memperkuat unit usaha syariah (UUS) yang ada di Bank BUMN saat ini. “Kan ada usul BUMN bikin syariah. kita lihat kan masing-masing bank BUMN kan punya syariah, tinggal memperkuat itu saja,” tukasnya.

Sebelumnya ada wacana untuk membuat bank BUMN Syariah. Salah satu alasannya adalah untuk meningkatkan market share perbankan syariah. “Untuk mendongkrak market share bisa saja. Kalau ada yang mau dikonversi ya bisa saja,” ujar Kepala Biro Penelitian Pengembangan Pengaturan Perbankan Syariah Tirta Segara di Jakarta belum lama ini.

Dijelaskan Tirta, untuk meningkatkan market share cara yang dilakukan tidak hanya dengan mengkonversi bank BUMN menjadi bank syariah. “Misalnya tax neutrality dan dana haji disalurkan lebih banyak ke perbankan syariah. Sekarang kan baru dapat bagian sedikit,” tukasnya.

Dengan lebih banyak dana haji masuk ke perbankan syariah, lanjutnya, funding bank syariah jadi lebih banyak. “Dana haji itu kemudian dibelikan sukuk,” pungkasnya. [cms/inilah]

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 1,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (financialounge.com)

Bank Syariah Harus Optimalkan Fintech