Home / Berita / Nasional / 31 Juli, Pemerintah Gelar Sidang Isbat

31 Juli, Pemerintah Gelar Sidang Isbat

Menteri Agama, Suryadharma Ali (blogspot.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan pemerintah akan menggelar sidang isbat pada 31 Juli 2011 untuk menentukan awal puasa bulan Ramadhan 1432 Hijriah. Di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (25/7), Menteri Suryadharma mengatakan tahun ini terdapat pertanda kuat bahwa awal puasa dimulai secara serempak tanpa perbedaan.

Muhammadiyah sebelumnya telah mengumumkan awal Ramadhan jatuh pada 1 Agustus 2011 sedangkan pemerintah masih menunggu proses rukyat untuk melihat posisi hilal menentukan awal bulan.

Setelah seluruh tim melakukan proses rukyat maka kira-kira pukul 07.00 WIB atau selambatnya pukul 20.00 WIB itu akan dilakukan sidang isbat untuk menetapkan apakah 1 Ramadhan itu pada 1 Agustus atau 2 Agustus. “Itu nanti akan kita tetapkan pada 31 Juli,” tuturnya.

Meski demikian, lanjut dia, terdapat tanda-tanda kuat tidak ada perbedaan awal Ramadhan pada tahun ini. “Mudah-mudahan pada 31 Juli langit cerah sehingga tidak ada perbedaan pendapat di antara tim-tim yang melakukan proses rukyat,” demikian Menag. (Djibril Muhammad/Ant/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi - Suasana saat berlangsungnya Sidang Isbat pada saat 1 Ramadhan 1433 H dipimpin langsung oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali yang di hadiri sejumlah Ormas Islam dan perwakilan negara sahabat di Gedung Kemenag Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (19/7) malam. (inilah.com/Ardhy Fernando)

Sidang Isbat Tetapkan Idul Fitri 1437 H Jatuh Pada Rabu 6 Juli 2016