Home / Berita / Internasional / Asia / Muktamar Mekah: Dunia Islam antara Problematika dan Solusinya

Muktamar Mekah: Dunia Islam antara Problematika dan Solusinya

dakwatuna.com – Mekah Al-Mukarramah, di bawah arahan Khadim Al-Haramain Asy-Syarifain atau Pelayan Dua Kota Suci, Raja Abdullah bin Abdul Aziz Aali Saud, Muktamar Dunia Islam; antara Problematika dan Solusinya” yang diselenggarakan oleh Rabitah Alam Islami atau Liga Dunia Islam di buka hari ini oleh Pangeran Khaled Al-Faishah, Gubernur Mekah Al-Mukarramah, bertempat di Rabithah Alam Islami, Ibu Kota yang suci.

Sekretaris Jendral Rabithah Alam Islami, Dr. Abdullah bin Abdul Muhsin At-Turki menjelaskan dalam kata sambutannya, bahwa dunia Islam dan umatnya sekarang ini menghadapi berbagai tantangan baru. Sebagian dunia Islam hari-hari ini melewati berbagai peristiwa dan kejadian yang membutuhkan kajian mendalam; hakikat peristiwa tersebut, penyebabnya, dan solusi yang manjur bersumberkan dari petunjuk Islam dan syariatnya yang lengkap.

Beliau menambahkan bahwa Rabithah mencermati perkembangan berbagai kejadian ini, di mana dibutuhkan kesungguhan dan keseriusan para ulama umat Islam dan para pemikirnya untuk mengurai berbagai kejadian tersebut. Oleh karena itu Rabithah menyampaikan undangan kepada para ulama dan pemikir umat untuk turut serta dalam muktamar ini, di mana pemikiran dan kajian mereka  akan dibahas selama tiga hari, 22-24 Sya’ban 1432 H.

Beliau juga mengingatkan bahanya fitnah dan campur tangan para musuh Islam dalam urusan internal umat Islam; “Bahaya yang mengancam keutuhan umat Islam dan persatuan mereka adalah munculnya gerakan separatis dan fanatisme terhadap kelompok, di mana mereka menyebarkan fitnah yang menyebabkan masyarakat Islam terpecah, dan karena itu musuh-musuh Islam memanfaatkan kondisi tersebut.”

Beliau menjelaskan bahwa muktamar ini bertujuan untuk:

  1. Menjaga keutuhan dan persatuan umat Islam.
  2. Menjelaskan sebab-sebab yang mendorong adanya perubahan dan perkembangan baru di dunia Islam.
  3. Mengokohkan peran para ulama dan pemikir umat Islam, juga pegiat media massa dan berbagai organisasi Islam untuk mengarahkan masyarakat dan meluruskan kondisi yang dihadapinya.
  4. Menghadirkan solusi sesuai syariat yang lengkap dalam menghadapi berbagai tantangan dan problematika yang kian berkembang.

Para peserta muktamar akan mendiskusikan tema-tema seputar:

  1. Realitas dan problematikanya; mencakup problematika kebodohan terhadap hakikat ajaran Islam yang sebenarnya, perpecahan di kalangan umat Islam dan upaya musuh-musuh untuk memanfaatkan separatisme, juga problematika ekonomi dan sosial.
  2. Hak-hak dan kewajiban; mencakup kewajiban-kewajiban pemimpin dan masyarakat berikut hak-hak mereka. Upaya sinergi antara pihak pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut.
  3. Solusi; mencakup model Islam dalam menolak fitnah dan upaya reformasi masyarakat, juga upaya kerja sama dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki umat Islam.
  4. Dialog di antara masyarakat Islam; mencakup terminologi dan konteksnya, serta dampaknya dalam mengurai berbagai permasalahan dan persatuan umat. (ut)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Anonim

    Semoga Allah Swt, menuntun Umat Islam menuju kejayaannya,,,

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Pemuda dan Kejayaan Islam