Home / Berita / Nasional / Islamic Solidarity Games Boleh Diikuti Non Muslim

Islamic Solidarity Games Boleh Diikuti Non Muslim

dakwatuna.comMeski bertajuk Islamic Solidarity Games (ISG), namun tidak hanya atlet muslim yang boleh berlaga di multievent olahraga ini. Namun, ada regulasi yang mereka harus taati.

Hal tersebut diutarakan Sekjen Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF), Mohamed Gazdar saat melakukan peninjauan ke Riau sebagai tuan rumah ISG III pada 2013 mendatang. Meski diikuti negara-negara Organisasi Konferensi Islam (OKI), ISG juga boleh diikuti atlet non-Muslim.

“Kita tidak menetapkan atletnya harus Islam. Atlet yang non-Islam boleh saja diturunkan, namun tetap mematuhi semua aturan yang ada,” ujar Gazdar di sela-sela peninjauan lapangan di Pekanbaru, Riau, Selasa 19 Juli 2011.

Salah satu peraturan mendasar yang wajib diikuti para peserta ISG adalah masalah pakaian. Para atlet diwajibkan memakai busana yang menutup aurat. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga ciri khas Islam.

Gazdar juga memastikan akan ada 17 cabang olahraga yang akan dipertandingan di ISG III ini, termasuk angkat besi, renang, panahan, gulat dan tenis meja. “17 Cabang olahraga diusulkan oleh tuan rumah Indonesia, termasuk satu cabang eksebisi dari olahraga lokal sini. Tapi, belum ditentukan apa,” tegas Gazdar.

Hampir seluruh cabang olahraga di ISG boleh diikuti oleh atlet putra dan putri, kecuali gulat, yang hanya boleh diikuti atlet putra. ISG III sendiri rencananya akan diikuti 57 negara.

Kemarin ISSF sudah melakukan peninjauan kesiapan Riau sebagai tuan rumah ISG III. Gubernur Riau yang juga Ketua Panitia ISG III, Rusli Zainal mengaku lega pihaknya bisa meyakinkan peninjau ISSF.

“Para peninjau ISSF mengaku puas dengan persiapan Riau hingga saat ini. Kami juga yakin semua venues akan selesai tahun ini. Karena venues sudah hampir selesai semua, bahkan sudah ada yang 100 persen,” papar Rusli.

Sebelum menjadi tuan rumah ISG III, Riau juga akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional XVIII pada 2012. Seluruh venues akan digunakan untuk kegiatan PON terlebih dulu. (umi/VN)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Menjadi Muslim Pembelajar