Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan Pastikan Siap Berkunjung ke Gaza

Erdogan Pastikan Siap Berkunjung ke Gaza

dakwatuna.comPerdana Menteri Turki Recep Tayyeb Erdogan akhirnya menjawab berita yang beredar sepekan lalu tentang rencana kunjungannya ke Jalur Gaza. Erdogan mengatakan, jika kondisinya memungkinkan, ia sedang memikirkan untuk berkunjung ke Gaza.

“Kementerian Luar Negeri akan mengaturnya. Saya berharap bisa melakukan kunjungan itu, tergantung bagaimana hasil yang diupayakan Kementerian Luar Negeri,” ujar Erdogan pada para wartawan, Selasa (19/7).

Erdogan berencana langsung ke Gaza setelah melakukan kunjungan ke Mesir dalam waktu dekat ini, tapi kapan tanggalnya belum diputuskan. Namun, jika Erdogan benar-benar jadi ke Gaza, kunjungan itu akan makin mempertajam pertikaian antara Turki dan Israel.

Hubungan Turki-Israel meruncing setelah insiden serangan pasukan Zionis Israel ke kapal Mavi Marmara, yang menewaskan 9 aktivis kemanusiaan asal Turki. Begitu mendengar berita bahwa Erdogan berencana berkunjung ke Gaza, Israel langsung bereaksi bahwa mereka akan menggagalkan kunjungan itu. Israel menilai kedatangan Erdogan ke Gaza sebagai dukungan moral terhadap Hamas, kelompok pejuang Palestina yang oleh Israel disebut kelompok teroris.

Sementara Erdogan menyatakan, perdamaian antara Israel-Palestina tidak akan tercapai jika tidak mengikutsertakan kelompok Hamas dalam negosiasi. Erdogan juga menolak label “teroris” yang disematkan Israel pada Hamas. Ia menyebut Hamas sebagai kelompok pejuang yang sedang memperjuangkan dan mempertahankan tanah airnya.

Pihak Hamas di Gaza menyambut rencana kunjungan Erdogan ke Gaza. Tokoh Hamas, Ismail Radwan mengatakan, kunjungan Erdogan ke Gaza akan mendorong para pemimpin negara Arab dan Muslim untuk juga berkunjung ke Gaza dan mengakhiri blokade Israel di Gaza.

“Kami menyambut kunjungan Erdoga, yang akan menjadi kunjungan bersejarah jika itu terjadi, dan menunjukkan dukungan Turki terhadap persoalan Palestina, serta menjadi dukungan moral dan politik untuk mengakhiri blokade Israel di Gaza,” ujar Radwan. (aisyah/ma’an/knrp)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Aksi Solidaritas Palestina oleh LDK SSP STEI SEBI yang berlokasi di Car Free Day, Jakarta. Ahad (27/11/2016).  (Ahmad Jundi Taqiyuddin/LDK SSP STEI SEBI)

Aksi Solidaritas Untuk Palestina di Car Free Day Jakarta

Organization