Home / Berita / Nasional / Potensi Zakat Dunia Capai Rp 6.000 Triliun

Potensi Zakat Dunia Capai Rp 6.000 Triliun

dakwatuna.com – Bogor. Potensi zakat dunia, seperti dilansir oleh World Zakat Forum (WZF) dalam Konferensi Zakat Internasional yang dilangsungkan di IPB International Convention Center (IICC), Bogor, Senin (18/7), mencapai Rp6.000 trilun.

“Potensi zakat dunia sangat fantastis. Angkanya diperkirakan mencapai Rp 6000 triliun,” kata Ketua Panitia Lokal Konferensi Zakat Internasional WZF, Lukman M. Baga, M.A. Ec, Selasa (19/7) di Bogor.

Lukman mengemukan, potensi tersebut didasarkan pada kalkulasi potensi zakat dari seluruh negara Muslim di dunia. “Angka potensi zakat dunia luar biasa. Bila potensi tersebut dapat dikembangkan secara optimal, zakat dapa mengatasi persoalan-persoalan yan dihadapi dunia Islam,” paparnya.

Dikatakannya, jika zakat dapat dikelola dengan baik, maka persoalan-persoalan besar yang dihadapi negara Islam dewasa ini, seperti pengangguran, kebodohan dan kemiskinan, dapat diselesaikan.

“Kalau zakat dapat dihimpun dan dikelola secara optimal, nilai tambahnya luar biasa dalam upaya mengatasi masalah-masalah sosial yang dihadapi dunia Islam,” terangnya.

Untuk lebih mengelola besarnya Besarnya potensi zakat umat Islam, paparnya, pada September 2010 lalu dibentuklah World Zakat Forum (WZF) ini, di Yogyakarta. Pertemuan WZF di Yogyakarta pada 2010 itu, kemudian dilanjutkan dengan menggagas Konferensi Internasional Zakat di IICC Kota Bogor pada Selasa-Kamis (19-21/7).

Dengan diadakannya konferensi itu, diharapkan elaborasi kajian tentang penghimpunan dan pengelolaan zakat secara produktif untuk meningkatkan kesejahteraan umat Islam dapat terwujud. “Kajian dan dialog yang berlangsung selaman konferensi diharapkan dapat membangkitkan kesadaran umat Islam untuk mengeluarkan zakat demi kemaslahatan bersama,” tandasnya. (rpk/Linda Putri/CN33/SMCN)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

zakat

Peningkatan Zakat di Indonesia