Home / Berita / Internasional / Eropa / Warga Bosnia Kenang Pembantaian Srebenica

Warga Bosnia Kenang Pembantaian Srebenica

(prijedorcity.com)

dakwatuna.com – Belgrade.Sekitar 40 ribu orang memperingati 16 tahun pembantaian ribuan Muslim, di Srebenica, daerah perlindungan warga Bosnia ketika diserang militer Serbia.

Radio Televison Serbia (RTS), sebagaimana diberitakan Xinhua melaporkan, ada tambahan 613 jasad korban di Memorial Center, dekat Potocari. Acara ini juga dihadiri Presiden Kroasia Ivo Josipovic, perwakilan Uni Eropa (UE) di Bosnia dan Herzegovina (BiH) Valentin Inzko.

Kemudian juga Deputi Perdana Menteri (PM) Turki Bulent Arinc dan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk BiH, Patrick Moon. Bakir Izetbegovic, anggota Muslim Bosnia (Bosniak) di Kepresidenan BiH menyatakan duka citanya.

“Pembantaian Srebenica merupakan luka terdalam di tubuh warga Bosniak, arang hitam di wajah komunitas internasional dan lubang hitam di nurani para komandan serta pelaku kejahatan itu. Mereka takkan bisa bebas,” tutur Izetbegovic.

Sementara Inzko, menyatakan penangkapan mantan komandan Serbia Ratko Mladic akan menyingkap fakta-fakta di balik pembantaian Srebenica. Mladic sedang menanti disidang oleh International Criminal Tribunal untuk bekas Yugoslavia.

Pada 1995, Srebenica dikuasai oleh pasukan Bosnia Serbia. Setelah itu, sekitar tujuh hingga delapan ribu laki-laki dewasa dan anak-anak yang beragama Islam dibantai. Genosida massal ini merupakan upaya pembersihan ras oleh Serbia. (inilah)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 5,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Api masih berlobar di Pasar Johar Semarang. (Andika Prabowo/KORAN SINDO)

Menteri Baru Zionis Israel Ini Berambisi Habisi Anak-anak dan Ibu Palestina