Topic
Home / Berita / Nasional / Alasan Pemerintah Tak Akuisisi Bank Muamalat

Alasan Pemerintah Tak Akuisisi Bank Muamalat

Ilustrasi (RoL)

dakwatuna.com –Pemerintah menegaskan tidak akan ikut ambil bagian dalam proses akuisisi salah satu bank syariah Indonesia, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Pasalnya, penawaran sahamnya dinilai terlalu tinggi.

Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar, pihaknya telah memanggil PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bersama para pemegang saham perorangan untuk membahas kemungkinan pengambilalihan Bank Muamalat.

“Bank Muamalat pernah kita wacanakan. Saya sudah memanggil BRI beserta pemegang saham perorangan yang lama. Kelihatannya ketika dipelajari pada tahap awal, dinilai terlalu mahal,” ujarnya di sela acara Fun Bike IPB di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu 10 Juli 2011.

Saham yang ditawarkan Bank Muamalat, lanjutnya, berada di atas batas kenormalan penawaran harga saham. Bank Muamalat menawarkan sahamnya pada Price to Book Value(PBV) atau rasio harga saham terhadap nilai buku 3,2 kali.

“Kalau tidak salah, mereka minta PBV 3,2 kali, istilahnya. Normalnya itu berada di 2 sampai 2,2 kali. Itu bahasanya orang bank seperti itu. Bank BRI melihat itu tidak terjangkau,” ungkapnya.

Sejauh ini, menurut Mustafa, belum juga ada bank-bank BUMN yang berniat mengakuisisi bank syariah pertama di Indonesia tersebut. (Antique/Harwanto Bimo Pratomo/vn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Buah Impor

Cina Masih Jadi Sumber Impor Nonmigas Pemerintah

Figure
Organization