Home / Berita / Nasional / Perguruan Tinggi Berperan Majukan Perbankan Syariah

Perguruan Tinggi Berperan Majukan Perbankan Syariah

Ilustrasi (RoL)

dakwatuna.com – Jakarta. Kalangan perguruan tinggi (PT) memiliki peran strategis dalam melakukan pendidikan publik agar masyarakat memahami perbankan syariah.

“Perguruan tinggi, khususnya Universitas Terbuka (UT) berperan penting dan strategis dalam membantu kalangan terdidik dan masyarakat luas lebih memahami perbankan syariah,” kata Direktur Perbankan Syariah Bank Indonesia, Mulya Effendi Siregar, pada seminar Peluang dan Tantangan Perbankan Syariah di Kampus UT, Pondok Cabe, Tangsel, Banten, Kamis (7/7).

Ia menjelaskan, berdasarkan survei pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah, dari 5000 responden sebanyak 40 persen menyukai perbankan syariah, namun hanya 11 persen yang memahami tentang bank syariah.

“Nah, dengan kondisi ini diperlukan education public atau pendidikan publik oleh kalangan PT kepada masyarakat,” kata Mulia. Sebab itu, secara khusus ia menilai UT amat potensial dengan mahasiswa 600 ribu di Tanah Air, bisa memberikan pemahaman positif tentang perbankan syariah.

Dikatakan, perbankan syariah Indonesia tumbuh dari bawah atau bottom up, berdasarkan inisiatif masyarakat. Hal itu berbeda dengan Malaysia dan Bahrain yang bersifat top down sehingga pemerintahnya memberikan fasilitas yang cukup dalam pertumbuhan bank syariah.

Pembicara lainnya, Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Eddy Suandi Hamid, menambahkan dengan kondisi tersebut justru pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia akan lebih kuat dan mengakar.

Rektor UT Tian Belawati mengatakan, seminar perbankan amat bermanfaat bagi Fakultas Ekonomi UT sebagai salah satu referensi dalam pengembangan kurikulum program studi yang mengintegrasikan ilmu ekonomi keuangan konvensional dengan prinsip syariah dan penerapannya dalam sistem belajar jarak jauh dan terbuka. (OL-8/MIOL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (blogcheps.wordpress.com)

Angin Segar Investasi Syariah