Home / Berita / Internasional / Asia / AKP Unggul Dalam Pemilihan Anggota Parlemen Turki

AKP Unggul Dalam Pemilihan Anggota Parlemen Turki

Para pendukung partai berkuasa Turki, AKP, merayakan hasil pemilu Parlemen di depan kantor pusat AKP di Ankar, 12 Juni 2011. (Reuters Picture)

dakwatuna.com – Ankara. Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), yang berkuasa di Turki, unggul dalam pemilihan umum Ahad (12/6), demikian laporan media yang mengutip penghitungan awal.

Sementara 90,3 persen suara nasional telah dihitung, AKP meraih 50,6 persen suara dan mengungguli kubu oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP) –yang meraih 25,6 persen, dan partai oposisi terbesar kedua, Partai Gerakan Nasionalis (MHP) –yang mendapat 13,2 persen suara, kata stasiun televisi Turki, NTV.

Para calon independen mengantungi 6,1 persen suara.

Para pendukung, yang kebanyakan adalah pemuda, berkumpul di luar markas AKP di Ankara guna merayakan kemenangan mereka serta menunggu pemimpin AKP Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan sambutan, yang ditayangkan langsung oleh stasiun televisi.

Lebih dari 50 juta warga Turki diperkirakan mendatangi tempat pemungutan suara untuk memberi suara mereka, Ahad, untuk memilih 550 anggota parlemen dari 7.492 calon dari 15 partai politik dan 203 calon independen.

Jajak pendapat sebelum pemilihan umum memperlihatkan partai yang berkuasa, AKP, dapat meraih 48 persen suara untuk memperoleh masa jabatan ketiga kali berturut-turut. CHP diperkirakan mendapat 25 persen sampai 30 persen suara, sementara MHP diperkirakan mengantungi 11 persen hingga 13 persen suara, demikian Xinhua-OANA melaporkan. (C003/A011/K004/B Kunto Wibisono/Ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Mantabss…

    ayo PKS segera menyusul…

  • Eko

    Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP) menang mutlak 2011, insya allah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menang mutlak di 2014, Allahu Akbar.

Lihat Juga

Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu (aljarida.com)

Turki: Paling Lama 1 Oktober Eropa Harus Terapkan Bebas Visa untuk Warga Kami