Home / Berita / Internasional / Afrika / GNB Dukung Penuh Kemerdekaan Palestina

GNB Dukung Penuh Kemerdekaan Palestina

Para Menteri Luar Negeri dan pimpinan delegasi dari negara-negara anggota GNB berfoto bersama dengan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) setelah pembukaan Konferensi Tingkat Menteri Gerakan Non-Blok di Nusa Dua, Bali, Indonesia, 25 Mei 2011. (Reuters Picture)

dakwatuna.com – Nusa Dua. Konferensi Tingkat Menteri (KTM) Gerakan Non Blok (GNB) atau Non-Aligned Movement (NAM) ke 16 sekaligus memperingati kelahirannya ke 50 tahun akan ditutup hari ini (27/5). Penyelenggaraan GNB ke 16 ini telah digelar sejak Senin (27/5) lalu.

Acara penutupan akan digelar sekitar pukul 13.00 WITA dan dilanjutkan dengan diadakannya konferensi pers yang dilakukan Menteri Luar Negeri RI, Marty M Natalegawa, mengenai hasil pembahasan dalam pertemuan tingkat menteri negara anggota GNB.

Salah satunya yaitu ketegasan sikap dalam dukungan kemerdekaan Palestina dan menjadi anggota resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sebelum acara penutupan, Komite Palestina GNB mengadakan pertemuan kemenerian untuk membahas masalah khusus mengenai enam ribu tahanan politik Palestina, termasuk anggota parlemen, yang berada di pusat tahanan dan penjara Israel.

GNB akan menekan Israel agar membebaskan tahanan politik Palestina tersebut seiring dengan pengakuan PBB terhadap keanggotaan secara resmi.

Dari lima deklarasi yang dikeluarkan GNB, dua diantaranya terkait masalah Palestina, yaitu masalah kemerdekaan Palestina dan tahanan politik Palestina yang dipenjara di Israel. Dalam Deklarasi Bali yang terdiri dari 21 poin, salah satunya juga menyinggung masalah Palestina. Dalam deklarasi tersebut, GNB akan mendukung secara penuh kemerdekaan Palestina untuk menjadi anggota resmi PBB. (Stevy Maradona/Bilal Ramadhan/RoL/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Supporter Indonesia membuat Aksi Atraktif dengan membentuk Koreo Bendera Palestina saat Laga Timnas dengan Malaysia, Selasa (

(Video) Penampakan Koreografi Bendera Palestina dan Indonesia di Laga Indonesia vs Malaysia