Home / Berita / Internasional / Asia / Rakyat Mesir Tuntut Putus Hubungan Mesir dengan Israel

Rakyat Mesir Tuntut Putus Hubungan Mesir dengan Israel

Rakyat dengan bendera Mesir, Palestina, dan Arab berkumpul dalam sebuah demonstrasi di Tahrir Square, Kairo, 13 Mei 2011. Puluhan ribu rakyat Mesir turun ke jalan pada hari Jum'at itu untuk mendorong militer mereka untuk berbuat lebih banyak untuk membantu Palestina setelah diturunkannya Presiden Mubarak. (Reuters)

dakwatuna.com – Kairo, Iskandariyah. Ribuan aktivis Mesir turun ke jalan-jalan di Kairo dan kota-kota besar lainnya untuk menyuarakan dukungan mereka terhadap Palestina. Mereka berkumpul di Bundaran Tahrir, Kairo, pusat revolusi rakyat Mesir yang menggulingkan rezim mantan Presiden Hosni Mubarak. Demikian dilaporkan Press TV, Jumat (13/5).

Pawai akbar itu digelar bertepatan dengan peringatan pendudukan rezim Zionis Israel di wilayah Palestina pada tahun 1948. Para aktivis juga menyerukan pawai ke Jalur Gaza, yang berada di bawah pengepungan Israel.

Sementara itu, ribuan demonstran juga mengadakan protes di luar konsulat Israel di Iskandariyah, menyerukan pemutusan hubungan Kairo dengan Tel Aviv. Mereka menuntut penguasa militer untuk meninggalkan Israel dan mengangkat blokade Jalur Gaza.

Para pengunjuk rasa mengancam akan melanjutkan aksi unjuk rasa besar-besaran jika pemerintah saat ini tidak bergerak untuk memutus hubungan dengan Israel. Partai-partai politik Mesir juga mengatakan blokade Gaza melayani kepentingan Israel dan Amerika Serikat serta mengancam stabilitas regional dan independensi.

Di bawah rezim Mubarak yang didukung AS, Mesir konsisten mendukung kepentingan Tel Aviv di wilayah tersebut dengan membantu menerapkan blokade, yang melumpuhkan Jalur Gaza. (Krisman Purwoko/IRIB/RM/Press TV/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (16 votes, average: 9,25 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sebelum Lengser, Obama Diminta Mantan Presiden AS Ini Akui Negara Palestina