Home / Berita / Pendemo Kawal Reformasi Mesir

Pendemo Kawal Reformasi Mesir

dakwatuna.com – Cairo, Beberapa demonstran yang menggulingkan presiden Mesir Hosni Mubarak mengatakan bahwa mereka telah membentuk sebuah dewan. Dewan tersebut akan bekerja untuk mempertahankan revolusi dan berbicara dengan dewan militer yang sekarang memimpin Mesir. Mereka mengancam akan menyerukan demonstrasi lagi jika militer gagal memenuhi tuntutan rakyat.

“Tujuan Dewan Pengawas ini adalah untuk mengadakan pembicaraan dengan Dewan Tinggi Militer dan untuk membawa revolusi ke depan melalui tahap transisi,” kata Khaled Abdel Qader Ouda, seorang akademikus, pada wartawan di Lapangan Tahrir, Kairo. “Dewan akan memiliki wewenang untuk menyerukan demonstrasi atau membatalkannya tergantung pada bagaimana situasi berkembang.”

Ouda mengatakan dewan itu akan menyerukan kedatangan massa Jumat depan untuk merayakan keberhasilan revolusi. Dewan akan memiliki sekitar 20 anggota, termasuk para penyelenggara demonstrasi, tokoh-tokoh penting dan para pemimpin dari seluruh spektrum politik. Kontak-kontak masih berlangsung untuk memeriksa apakah anggota-anggota yang prospektif sudah siap untuk bergabung.

Safwat Hegazi, seorang pemimpin demonstrasi yang aktif, mengatakan revolusi itu akan terus berlangsung hingga keinginan rakyat Mesir dipenuhi. “Jika militer tidak memenuhi permintaan kami, demonstrasi kami dan ukurannya akan kembali lebih kuat. Pekan depan adalah unjuk rasa yang sangat penting,” katanya pada kantor berita Reuters. “Kami memberikan kesempatan pada militer untuk memenuhi tuntutan rakyat.”

Ia telah mendaftar pemintaan-permintan paling mendesak seperti pembebasan tahanan politik dengan segera, pencabutan undang-undang darurat dan pengurangan aparat keamanan negara yang dikelola oleh kementerian dalam negeri. “Dewan militer harus menyampaikan kerangka waktu yang pantas untuk memenuhi permintaan itu,” kata Higazi. Seperti dilaporkan sebelumnya, presiden Hosni Mubarak mundur dari jabatannya dan menyerahkan kekuasaan pada Komando Tinggi Militer yang dipimpin oleh Jendral Mohamed Hussein Tantawi. (RoL)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (dakwatuna.com / hdn)

Berpolitik itu Jejak Sikap