Home / Berita / Ulama Mekah: Demo Mesir Sah

Ulama Mekah: Demo Mesir Sah

dakwatuna.com – Mekah, Dr. Jamal Abdul Hadi, Guru Besar Sejarah Islam Universitas Ummul Qura Mekkah, menegaskan bahwa aksi yang di organisir para pemuda mulai tanggal 25 Januari lalu dan berlangsung hingga lengsernya Mubarak adalah  legal, tidak termasuk kategori menyelisihi atau berontak terhadap penguasa.
Hal tersebut disampaikan menanggapi tuduhan seorang dai salafi, Muhammad Hussein Ya’qub, yang menyatakan bahwa revolusi para pemuda merupakan tindakan pemberontakan dan menyelisihi pemimpin yang sedang berkuasa.

Dr. Jamal menjelaskan, bahwa revolusi pemuda merupakan salah satu bentuk jihad, yaitu jihad bil lisan. Disamping itu, aksi tersebut legal dan sah, serta dapat kita temukan dalam sejarah islam. Sebagai contoh adalah Al Izz bin Abdus Salam, seorang ulama yang merebut kekuasaan dari seorang penguasa yang zalim, Demikian pula yang terjadi pada Hajjaj bin Yusuf Ats Tsaqofi.
Dalam penjelasannya beliau menyampaikan, bahwa tindakan para pemuda yang mempelopori revolusi tersebut berawal dari amar ma’ruf nahi munkar. Ia adalah Jihad bil Lisan yang mampu dilakukan oleh para pemuda. Revolusi tersebut clean (bersih), tidak ada kekerasan dan tidak ada pengrusakan, Bahkan mereka tidak keluar dari akhlak islam. (io/mi/ut)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (15 votes, average: 9,27 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • irkhamov

    Sudah saya duga, pasti kalangan salafy akan bilang bahwa yg terjadi di Tunisia, Mesir dan sekitarnya akan mereka hukumi menyelisihi penguasa yg zalim tapi tetap shalat, atau malah dikategorikan bughot pula. Akankah kalian akan diam melihat rezim Mubarak bekerjasama dengan Israel membunuh rakyat Gaza yg juga muslim secara pelan2, ya syaikh ? Akankah engkau diam melihat melihat rezim yg berkuasa merampas dan menzalimi hak rakyat, sedangkan Allah SWT, Tuhan kita, berkenan mempercepat doa orang2 yg terdzalimi. Semoga kami berlepas diri dari mereka yg diam dan membiarkan kedzaliman itu terjadi.

  • Pingback: Tweets that mention Ulama Mekah: Demo Mesir Sah | dakwatuna.com -- Topsy.com()

  • Kurnia Rahmat1

    paling turun diktator naik diktator
    begitulah nasib umat islam
    saat hukum ditangan manusia
    ibarat kambing ngurus kambing
    sharusnya pengembala ngurus kambing
    sama manusia buat aturan untuk manusia

  • Erwin S

    mudah-mudahan revolusi sampai ke Arab Saudi, bebaskan Arabia dari keluarga dan Ulama Suudiyah, mereka keras dan kasar sesana Muslim tapi boneka ceble Barat dan Israel. “Futuh Makkah” ke-2 datanglah.

  • Erwin S

    mudah-mudahan revolusi sampai ke Arab Saudi, bebaskan Arabia dari keluarga dan Ulama Suudiyah, mereka keras dan kasar sesana Muslim tapi boneka ceble Barat dan Israel. “Futuh Makkah” ke-2 datanglah.

Lihat Juga

Ilustrasi. (liputan6.com)

Dakwah, Belajar, Bekerja : Berusaha Menjadi Umat Terbaik