Home / Berita / Rilis Pers / Pergantian Roda Kepemimpinan Dakwah Kampus UGM

Pergantian Roda Kepemimpinan Dakwah Kampus UGM

dakwatuna.com “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”. (An-Nisa : 09)
Roda Dakwah Kampus telah bergulir, pergantian kepengurusan adalah suatu keniscayaan. Seperti yang tercantum dalam petikan ayat Al-Quran di atas, salah satu indikator generasi dikatakan berhasil adalah mereka yang bisa mengkader generasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Rabu (15/12), Jamaah Shalahuddin sebagai Lembaga Dakwah Kampus UGM mengadakan Musyawarah Akbar yang bertempat di Ruang 8 Fakultas Peternakan UGM. Acara ini dibuka sekitar pukul 16.00 WIB dengan pembacaan tilawah Al-Quran Surat As-Shaff : 1-4 yang menekankan betapa pentingnya para da’i agar berada dalam barisan yang rapi dan kokoh. Selanjutnya hadir Bp. Miftahul Huda (Ketua JS 1425 H) memberikan taujih kepada peserta Musyawarah Akbar sebagai refleksi kepengurusan 1431 H dan pembakar semangat bagi kepengurusan mendatang. Diantaranya Beliau menyampaikan rumus fisika dari tokoh terkemuka Einstein, E = m. . Jika E : energi, m : mahabbah (red : cinta) dan : cita-cita, maka untuk mendapatkan energi penuh, seorang da’i mesti memiliki rasa cinta terhadap dakwah dan menjiwai cita-cita agung yang ada padanya. Tanpa itu maka setiap aktifitas yang dilaksanakan akan terasa hambar, laksana sayur tanpa garam.
Kamis (16/12) hari kedua Musyak (red : Musyawarah Akbar) bertempat di segi 8 masjid kampus UGM. Hari itu membahas tentang TGTB (Tata Gerak dan Tata Barisan) dan GBHK (Garis-garis Besar Haluan Kerja) Jamaah Shalahuddin 1432 H. Bisa dibilang, ini semacam AD/ART pada organisasi-organisasi berbadan hukum lainnya. Dalam pembahasannya memang diperlukan ketelitian dan ketlatenan yang besar, sehingga jauh hari sebelum musyawarah akbar, Pengurus Harian telah membentuk Panitia Pekerja Majelis Permusyawaratan Akbar (BPMPA) yang diketuai oleh Sdr. Dindy Agus Sumanjaya (Teknik Elektro 2009). Setelah ditetapkannya TGTB dan GBHK Jamaah Shalahuddin 1432 H, agenda selanjutnya adalah laporan pertanggungjawaban Jamaah Shalahuddin 1431 H yang diwakili oleh Ketua JS 1431 H dihadapan Majelis Permusyawaratan Akbar (MPA). Setelah penilaian panjang, akhirnya MPA memutuskan untuk menerima LPJ Ketua JS 1431 H dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi kepengurusan 1431 H sampai rentang waktu 7×24 jam sebelum Musyawarah Kerja 1432 H dilangsungkan.
Ahad (19/12) adalah hari kelima Musyak. Bisa dikatakan ini adalah hari yang paling mendebarkan dibanding yang lain. Karena pada hari tersebut berlangsung pemilihan Ketua Jamaah Shalahuddin 1432 H, seseorang yang nantinya akan memotori roda dakwah kampus UGM setahun kedepan. Setelah melakukan penjaringan calon dengan kriteria-kriteria seperti yang termaktub dalam TGTB, akhirnya terpilih dua Calon Ketua yang sah, yakni Akhmad Arwyn Imanur Rozi (Teknik Nuklir 2008) dan Abdurrahman (Teknik Fisika 2008). Proses pemilihan berlangsung cukup pelik, hingga akhirnya terpilih Sdr. Akhmad Arwyn Imanur Rozi sebagai Ketua Jamaah Shalahuddin 1432 H melalui Musyawarah Mufakat yang dilaksanakan oleh semua peserta Musyawarah Akbar. Semoga keberkahan senantiasa tercurah kepada Beliau, pun kepada kepengurusan mendatang. Amiin.
Selanjutnya, Senin (20/12) dilaksanakan Musyawarah lanjutan dengan agenda pembacaan ikrar Ketua Jamaah Shalahuddin baru serta pembentukan Dewan Formatur 1432 H yang nantinya akan membuat Grand Design Lembaga Dakwah Kampus di Universitas terbesar dan tertua di Indonesia ini. Dalam membuat Grand Design kedepan, tentunya akan disesuaikan dengan amanah barunya pada Musyawarah Nasional FSLDKN ke-15 yang diselenggarakan di Ambon kemarin, yaitu Jamaah Shalahuddin bersama dengan seluruh elemen lembaga dakwah kampus UGM menjadi Badan Khusus Isu Dunia Islam dua tahun mendatang di kancah Dakwah Nasional.

Ditulis oleh :
Ardian Umam
Teknik Elektro UGM 2009
Tim Redaksi Media Center Jamaah Shalahuddin UGM 1431 H

About these ads

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 8,89 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Lembaga Dakwah Membina Hubungan dengan Pers

Organization