Home / Berita / Internasional / Asia / Pemerintah Cina Bakal Dirikan Masjid Di Seluruh Provinsi

Pemerintah Cina Bakal Dirikan Masjid Di Seluruh Provinsi

Ilustrasi - Masjid Niujie (China.org.cn/RoL)

dakwatuna.com – Beijing. Berita menggembirakan datang dari Cina. Pemerintah Komunis Cina berencana untuk membangun masjid di seluruh negeri. Hal ini, kata mereka, sebagai wujud nyata memenuhi tuntutan 20 juta warga Muslim.

Menurut seorang pejabat senior State Administration for Religious Affairs (SARA), sebelumnya warga Muslim Cina terkonsentrasi di daerah tertentu. Namun seiring kemajuan ekonomi dan kebutuhan mencari pekerjaan dan mata pencaharian, mereka menyebar ke seantero Cina.

Sejumlah besar Muslim bermigrasi ke kota-kota sejak tahun 1978 yang mengarah ke permintaan untuk sarana ibadah, terutama masjid. “Mereka juga membutuhkan tanah pemakaman khusus,” kata Wakil Direktur Departemen Islam SARA, Ma Jin, seperti dikutip China Daily milik pemerintah.

Pada tahun 2008, sekitar tiga juta Muslim, atau lebih dari 10 persen dari total populasi Muslim negara itu, telah bermigrasi. Menurut Laporan Tahunan Religions China tahun 2009, mereka berpindah dari daerah pedesaan di provinsi tradisional Muslim di bagian barat ke kota-kota pesisir. Lebih dari 75 persen dari migran Muslim meninggalkan kampung halaman mereka dengan harapan memperoleh penghidupan yang lebih baik.

Cina memiliki populasi sekitar 20 juta Muslim yang sebagian besar berada di dua wilayah, Xinjiang dan Gansu. Komunitas Hui Muslim yang populasinya berjumlah 10 juta orang ada di kota Linxia, Gansu, dan 10 juta lainnya yang merupakan Muslim Uighur asal Turki berada di propinsi Xinjiang.

Beberapa provinsi pesisir, khususnya tiga besar dari segi populasi Muslim migran, Guangdong, Zhejiang dan Fujian, tidak siap untuk mengatasi meningkatnya kebutuhan sarana ibadah. Guangzhou, ibukota provinsi Guangdong, hanya memiliki empat masjid untuk melayani sekitar 9.800 warga Muslim permanen dan lain 25 ribu hingga 40 ribu warga Muslim pendatang.

Pembangunan masjid terakhir, dengan kapasitas sekitar 5.000 orang dan terletak di dekat makam Muslim Sages telah selesai tepat di depan lokasi Asian Games yang dibuka pada awal November di Guangzhou.

Ma mengatakan beberapa Muslim melakukan ibadah mereka di luar masjid terutama pada saat shalat Jumat, menyebabkan kemacetan lalu lintas. Tak hanya itu, hal ini kerap menimbulkan kesalahpahaman antara Muslim dan orang lain.

Yiwu, sebuah kota di provinsi Zhejiang terkenal dengan perdagangan komoditas kecil tiap tahun didatangi penduduk sementara 5.000 orang dari Timur Tengah. “Ini telah mengubah bangunan pabrik menjadi masjid sementara untuk kaum Muslimin,” kata Ma.

Dia mengatakan bahwa pemerintah di semua tingkat telah mengalokasikan setidaknya 11 juta dolar AS untuk membangun masjid baru dan memperbaiki yang bobrok selama 10 tahun terakhir. (Siwi Tri Puji B/China Daily/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (55 votes, average: 9,36 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • iscandar salim

    Alhamdullillah semoga Pemerintah China dan masyarakatnya dapat Inayah dan Hidayah ALLAH SWT,,,,mengenal TuhanNYA ALLAH AZZA WA JALLA agar Syiar Islam berdampak luas keseluruh negeri daratan China dan dunia Muslim khususnya lahir maupun batin damai tenang ….Amin..yah Robbul Alamin

  • iscandar salim

    Alhamdullillah semoga Pemerintah China dan masyarakatnya dapat Inayah dan Hidayah ALLAH SWT,,,,mengenal TuhanNYA ALLAH AZZA WA JALLA agar Syiar Islam berdampak luas keseluruh negeri daratan China dan dunia Muslim khususnya lahir maupun batin damai tenang ….Amin..yah Robbul Alamin

    • A Rizal87

      aamieeen yaa mujiebassaailienn..semoga ALLAAH SWT .menjaikan islam terus berkembang.tidak hanya dinegara islam sendiri, namun dinegara komunispun semoga selalu menjadi Agama yang slalu menjadi panutan ..aamien.rizal ibn yani.

  • Indar_smi

    Para Sahabat R.A. berdakwah ke China, Agar hidayah juga menyebar di negeri ini, semoga Allah SWTmenurunkan rahmat dan hidayahnya untuk saudara-saudara kita di seluruh alam, amin

  • Nana Cholisna

    Alhamdulillah apabila pemerintah bersedia membangun mesjid di setiap Provinsi disana, karena masjid merupakan sarana paling utama dalam hal peribadatan terutama bagi kaum muslimin.
    Kita harus ingat semua bahwa China merupakan negeri yang juga memiliki peran penting dalam proses penyebaran Islam di Nusantara, salah satu panglima tertingginya yaitu Laksamana Cheng Ho merupakan salah seorang penyebar agama Islam di Indonesia.
    Banyak tokoh Islam dari negeri Tirai Bambu tersebut, namun dengan alasan martabat Negeri mereka tercoreng sehingga tidak sedikit Sejarawan menghapuskan peran para tokoh Islam disana.

  • Alhamdulillah apabila pemerintah bersedia membangun mesjid di setiap Provinsi disana, karena masjid merupakan sarana paling utama dalam hal peribadatan terutama bagi kaum muslimin.
    Kita harus ingat semua bahwa China merupakan negeri yang juga memiliki peran penting dalam proses penyebarab Islam di Nusantara, salah satu panglima tertingginya yaitu Laksamana Cheng Ho merupakan salah seorang penyebar agama Islam di Indonesia.
    Banyak tokoh Islam dari negeri Tirai Bambu tersebut, namun dengan alasan martabat Negeri mereka tercoreng sehingga tidak sedikit Sejarawan menghapuskan peran para tokoh Islam disana.

  • adli pitter

    untuk umat islam di china taatilah pemimpin china walau mereka bukan islam tapi keadaan memaksa maka allah lebih mengetahui kebaikan untuk islam china..taatilah pemerintahan china setialah kepada mereka agar umat islam terhindar dari petaka semoga saudara seimanku semakin kuat dan jaya di negeri china amin ya Allah

  • adli pitter

    china adalah rekan harmonis islam dari zaman dahulu, islam memiliki hubungan sejarah yang sangat erat dimasa dinasti2 china sebelum komunis, justice boa adalah seorang muslim dan umat muslim menempati bagian2 terpercaya dizaman dulu dikerajaan china sekarang mari kita bangun dunia penuh keadilan bersama china
    ingat nabi Muhammad pernah menyatakan tuntulah ilmu sampai ke negeri china..ini artinya nabi muhammad telah menubuatkan china akan menjadi negara maju di dunia maka selayaknya kita bergandeng tangan dengan RRC utk meraih keadilan bukan bersama negara2 kristen yang tidak adil terhadap agama dan bangsa lain

Lihat Juga

Ilustrasi - Ramadhan di Masjid Al-Hikmah, Jakarta Selatan (Al-Hikmah)

Masjid Ramah Anak

Organization