Home / Berita / Internasional / Afrika / Dua Pemuda Afsel Berhaji dengan Bersepeda

Dua Pemuda Afsel Berhaji dengan Bersepeda

dakwatuna.com – Mekah, Melewati Bostwana, Zimbabwe, Mozambique, Malawi, Tanzania, Kenya, Turki, Suriah, dan Yordania, Nathim Caircross (28 tahun) dan Imtiyaz Ahmad Haron (25 tahun) mengayuh sepeda ke Arab Saudi. Setiap hari mereka harus mengayuh sejauh 80-100 km, bermula dari Cape Town, Afrika Selatan.

“Mengayuh sepeda ke Kerajaan dari Cape Town adalah pengalaman yang melelahkan. Kami melakukan perjalanan dengan cara ini sehingga kita siap untuk menjalani kerasnya ibadah haji,” kata Cairncross, yang berprofesi sebagai perencana kota, sepeti dikutip arabnews.com.

Di Cape Town mereka kuliah hukum Islam di sebuah universitas. Cairncross hobi berselancar angin, Haron hobi kickboxing dan mendaki gunung. Cairncross kemudian kursus perencanaan kota yang kemudian mengantarnhya kepada dunia kerja. Mereka mengaku bahagia begitu tiba di perbatasan Arab.

Mereka memulai perjalanan pada 7 Februari 2010. Ini adalah perjalanan haji pertama mereka. “Kami bisa naik pesawat, tapi kami menghargai perjalanan yang berbeda. Jadi kami memilih menggunakan sepeda kami. Bersepeda adalah kegiatan yang paling kami sukai,” kata Cairncross.

Senja tiba, mereka akan mencari masjid atau memasang untuk beristirahat. Selepas Subuh, mereka melanjutkan perjalanan lagi. Selama perjalanan, Selama perjalanan,eka menemukan orang-orang yang ramah dan menyambut baik mereka. Orang-orang salut atas perjalanan haji mereka. Tawaran makan pun berdatangan selama di perjalanan

Mereka membawa bekal yang minim. Tawaran bantuan uang pun berdatangan kepada mereka. Di perbatasan Arab, petugas keamanan juga menyambut ramah dua jamaah yang harus pula turun naik pegunungan dengan mengayuh sepeda. Melewati sembilan negara selama sembilan bulan, mereka sering mengganti ban dan memperbaiki rantai sepeda.

Masalah bahasa sedikit menjadi kendala dalam perjalanan mereka. Tapi, mereka bisa mengatasinya. Selesai berhaji, mereka akan pulang melalui Afrika Barat. mch/Riyanto (RoL/ut)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (34 votes, average: 9,65 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Ira

    SUBHANALLAH

  • Nita

    Allahu akbar! The Truly Mujahidin Bikers

  • agoesjoesoef

    Komunitas speda di Indonesia banyak juga.
    Bagaimana dengan peenggemar sepeda di nenegri kita, ada yang berminat juga?

  • Ahmad

    Wow.. Luar biasa. 9 bulaan? Subhanallah..

  • agung abi gavin

    Indahnya persaudaraan..

  • Suryanto

    Subhanallah, kisah luar biasa…
    Jd pengin speda’an jg…
    Skalian dakwah tu… K Mekah.

  • Allahu Akbar. Luar Biasa.

    Allah Maha Tahu dan Maha berkehandak. Allahu Akbar. Mereka sudah diberi kekuatan lahir bathin. Semoga umat Islam yang lainnya bisa meniru mereka. Amin

  • dedisudiawan

    Umat Islam seluruh dunia diharapkan mencontoh semangat kedua pemuda itu untuk menjalankan syariat Islam dengan ikhlas, membela dan berjuang agama islam. Tegakan syariat Islam setegak tegaknya, kembali kita kepada AlQuran. Amin Amin Amin

  • titisari

    what a….!!!!!!!!!

  • Idrus

    Mdah2 han allah mmberi k kuatan untk mreka plang nanti. . . Amin y robal alamin

Lihat Juga

Ilustrasi. (travelhajidanumroh.com)

Jumlah Jamaah Haji Diperkirakan Mencapai 1.5 Juta