Home / Berita / Internasional / Eropa / Tren Baru di Kalangan Wanita Terpelajar Inggris: Menjadi Mualaf

Tren Baru di Kalangan Wanita Terpelajar Inggris: Menjadi Mualaf

Camilla Leyland dulu dan kini (Daily Mail/RoL)

dakwatuna.com – London. Berita ipar Tony Blair yang mengumumkan konversi keyakinannya menjadi Muslim akhir pekan lalu membuka banyak cerita tentang para mualaf di Inggris. Harian Daily Mail menurunkan topik tak biasa di halam depan mereka: tentang tren baru keyakinan di Inggris. Hasil temuan mereka menyebut, ada tren di kalangan perempuan terpelajar di Inggris — sebagian besar adalah wanita karier — yang memilih Islam sebagai keyakinan baru mereka.

Ipar Tony Blair, Lauren Booth, 43 tahun, mengatakan dia sekarang memakai jilbab yang menutupi kepala setiap kali meninggalkan rumah. Ia juga mengaku melakukan shalat lima kali sehari dan mengunjungi masjid setempat kapanpun dia bisa.

Lauren berprofesi sebagai wartawan dan penyiar televisi. Dia memutuskan untuk menjadi seorang Muslim enam minggu lalu setelah mengunjungi tempat suci Fatima al-Masumeh di kota Qom. “Ini adalah Selasa malam, dan saya duduk dan merasa ini suntikan morfin spiritual, hanya kebahagiaan mutlak dan sukacita,” ujarnya.

Sebelum pergi ke Iran, ia mengaku telah tertarik pada Islam dan telah menghabiskan banyak waktu untuk bekerja sebagai wartawan di Palestina. “Saya selalu terkesan dengan kekuatan dan kenyamanan berada di tengah-tengah Muslimin,” katanya.

Menurut Kevin Brice dari Swansea University, yang memiliki spesialisasi dalam mempelajari konversi keyakinan, menyatakan gelombang para wanita terpelajar Inggris yang beralih keyakinan menjadi Muslim merupakan bagian dari tren menarik.

“Mereka mencari inti spiritualitas, arti yang lebih tinggi, dan cenderung untuk berpikir secara mendalam sebelum memutuskan. Namun dalam konteks ini, saya menyebutnya fsebagai fenomena “mengkonversi kenyamanan”. Mereka akan menganggap agama adalah alat menyenangkan suami Muslim mereka dan keluarganya, tapi tidak akan selalu menghadiri masjid, berdoa, dan berpuasa,” ujarnya.

Benarkah demikian? Kristiane Backer, wanita 43 tahun dan mantan VJ MTV yang menjadi ikon kehidupan Barat liberal yang dirindukan remaja saat mudanya, menggeleng. “Masyarakat permisif yang saya dambakan ketika muda dulu ternyata sangat dangkal, tak memberi ketenteraman batin apapun,” ujarnya.

Titik balik untuk Kristiane muncul ketika dia bertemu mantan pemain kriket Pakistan dan seorang Muslim, Imran Khan pada tahun 1992. Dia membawanya ke Pakistan. Di negara kekasihnya itu, dia segera tersentuh oleh spirtualitas dan kehangatan dari orang-orang Islam di negara itu.

“Meskipun kemudian hubungan asmara saya dengan Imran Khan kandas, semangat saya mempelajari Islam tak turut kandas. Saya mulai mempelajari Islam dan akhirnya menjadi mualaf,” ujarnya.

Menurutnya, Islam adalah agama bervisi. “Di Barat, kami menekankan untuk alasan yang dangkal, seperti apa pakaian untuk dipakai. Dalam Islam, semua orang bergerak ke tujuan yang lebih tinggi. Semuanya dilakukan untuk menyenangkan Tuhan. Itu adalah sistem nilai yang berbeda,” tambahnya.

Untuk sejumlah besar wanita, kontak pertama mereka dengan Islam berasal dari kencan pacar Muslimnya. Lynne Ali, 31, dari Dagenham di Essex, mengakuinya. Di masa lalu, hidupnya hanyalah pesta. “Aku akan pergi keluar dan mabuk dengan teman-teman, memakai pakaian ketat dan mengerling siapapun lelaki yang ingin aku kencani,” ujarnya.

Di sela-sela pekerjaannya sebagai DJ sebuah kelab malam papan atas London, ia menyempatkan ke gereja. Tetapi ketika ia bertemu pacarnya, Zahid, di universitas, sesuatu yang dramatis terjadi.”Dia mulai berbicara kepadaku tentang Islam, dan itu seolah-olah segala sesuatu dalam hidupku dipasang ke tempatnya. Aku pikir, di bawah itu semua, aku pasti mencari sesuatu, dan aku tidak merasa hal itu dipenuhi oleh gaya hidup hura-huraku dengan alkohol dan pergaulan bebas.”

Pada usia 19 tahun, Lynne memutuskan menjadi mualaf. “Sejak hari itu pula, aku memutuskan mengenakan jilbab,” ujarnya. “Ini adalah tahun ke-12 rambut saya selalu tertutup di depan umum. Di rumah, aku akan berpakaian pakaian Barat normal di depan suami saya, tapi tidak untuk keluar rumah.”

Survei YouGov baru-baru ini menyimpulkan bahwa lebih dari setengah masyarakat Inggris percaya Islam adalah pengaruh negatif yang mendorong ekstremisme, penindasan perempuan dan ketidaksetaraan. Namun statistik membuktikan konversi Islam menunjukkan perkembangan yang signifikan. Islam adalah, setelah semua, agama yang berkembang tercepat di dunia. “Bukti menunjukkan bahwa rasio perempuan Barat mengkonversi untuk laki-laki bisa setinggi 2:1,” kata sosiolog Inggris, Kevin Brice.

Selain itu, katanya, umumnya perempuan mualaf ingin menampilkan tanda-tanda dari agama baru mereka – khususnya jilbab – walaupun gadis Muslim yang dibesarkan dalam tradisi Islam justru malah memilih tak berjilbab. “Mungkin sebagai akibat dari tindakan ini, yang cenderung menarik perhatian, Muslim mualaflah yang sering melaporkandiskriminasi terhadap mereka daripada mereka yang menjadi Muslimah sejak lahir,” tambahnya.

Hal itu diakui Backer. “Di Jerman, ada Islamophobia. Saya kehilangan pekerjaan saya ketika saya bertobat. Ada kampanye untuk melawan saya dengan sindiran tentang semua Muslim mendukung teroris – intinya saya difitnah. Sekarang, saya presenter di NBC Eropa,” ujarnya.

Hal itu diamini Lyne. “Aku menyebut diriku seorang Muslim Eropa, yang berbeda dengan mereka yang menjadi Muslim sejak lahir. Sebagai seorang Muslim Eropa, saya mempertanyakan segala sesuatu – saya tidak menerima secara membabi-buta. Dan pada akhirnya harus diakui, Islam adalah agama yang paling logis secara logika,” ujarnya.

“Banyak perempuan mualaf di Inggris juga mengkonversi agamanya karena tertarik dengan kehangatan hubungan di antara sesama Muslim. “Beberapa tertarik untuk merasakan kembali nilai-nilai yang telah mengikis di Barat,” kata Haifaa Jawad, dosen senior di Universitas Birmingham, yang telah mempelajari fenomena konversi agama. “Banyak orang, dari semua lapisan masyarakat, meratapi hilangnya tradisi menghargai orang tua dan perempuan, misalnya. Ini adalah nilai-nilai yang termuat dalam Quran, yang umat Islam harus hidup dengannya,” tambahnya Brice.

Nilai-nilai seperti ini pula yang menarik Camilla Leyland, 32, seorang guru yoga yang tinggal di Cornwall, pada Islam. Ia seorang ibu tunggal untuk anak, Inaya, dua tahun. Ia mengaku menjadi Muslim pada pertengahan usia 20-an untuk ‘alasan intelektual dan feminis’.

“Aku tahu orang akan terkejut mendengar kata-kata ‘feminisme’ dan ‘Islam’ dalam napas yang sama, namun pada kenyataannya, ajaran Alquran memberikan kesetaraan kepada perempuan, dan pada saat agama itu lahir, ajaran pergi terhadap butir masyarakat misoginis,” tambahnya.

Selama ini, orang salah memandang Islam, katanya. “Islam dituduh menindas wanita, namun yang aku rasakan ketika dewasa, justru aku merasa lebih tertindas oleh masyarakat Barat.”

Tumbuh di Southampton – ayahnya adalah direktur Institut Pendidikan Southampton dan ibunya seorang
ekonom – Camilla pertama kali bersinggungan dengan Islam di sekolah. Ia mengenal Islam saat kuliah dan kemudian mengambil gelar master di bidang Studi Timur Tengah. Ketika tinggal dan bekerja di Suriah, ia menemukan pencerahan spiritual.

Merefleksikan apa yang dia baca di Alquran, ia menyadari bahwa islamlah yang dicarinya selama ini. “Orang-orang akan sulit untuk percaya bahwa seorang wanita yang berpendidikan tinggi dari kelas menengah akan memilih untuk menjadi Muslim,” katanya, menirukan komentar ayahnya saat itu. Namun ia mantap menjadi Muslimah.

Kini, ia yang mengaku tak pernah meninggalkan shalat lima waktu tapi belum berjilbab ini menyatakan dirinya telah “merdeka”. “Saya sangat bersyukur menemukan jalan keluar bagi diri saya sendiri. Saya tidak lagi menjadi budak masyarakat yang rusak.” (Siwi Tri Puji B/Daily Mail/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (450 votes, average: 9,54 out of 10)
Loading...Loading...
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Masjid Dudley (bbc.co.uk)

Masjid di Dudley Town Inggris Gelar Pameran untuk Kenalkan Islam

  • Jumahat Sirait

    Alhamdulillah..sy yakin pd suatuwaktu nanti,Islam adalah agama dunia,Islam selama ini telah menjadi korban fitnah orang2 kafir.

  • Denddy

    SubhanaLLOH…

  • ariefsleng

    Subhanallah..! Kebenaran akan selalu menemui jalannya walaupun dgn cara yg rumit, tanda-tanda Kebesaran Allah bagi kaum yg mau berfikir.

  • khadijah

    subhanallah…
    setiap bangsa dan umat ada masa-masanya. pergiliran waktu itu pasti. yakin, islam kan menjadi minhajul hayah di alam ini.

  • Hidden Pearl

    Subhanallah
    Inikah bukti visi masa depan bahwa Islam akan kembali bangkit dari BARAT?

  • anthy

    Subhanallah, alhamdulillah, laa illahaillallahu, allahuakbar!!!!

  • kahar mustafa

    kebenaran akan muncul di mana-mana dan islam akan memimpin dunia menuju sebuah peradaban yang bermartabat insya-Allah. dengan bukti banyaknya masyarakat amerika dan eropa dari kalangan menengah ke atas yang memeluk agama islam, allhu akbar 3 x.

  • faqih

    apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat. (QS An Nashr)

  • nurul

    subhanallah

    • Dj Adja

      Subhanalloh

  • Kisman

    Subhanallah….. Allah tidak pernah tidur..
    akan ditunjukkan mana yg benar dan yang tidak.

  • http://facebook.com maringgih

    subbhanallah…
    Islam tlah mnunjukkan bnyk keajaiban,,bnyk kjadian,,& bnyk mukjizat d turunkan.
    Dan..
    Alhmdllh mata mreka tlah d bukakan dgn fen0mena2 alam,& mreka tlah d sadarkn bhwa hidup bkan utk b’ptualang,tapi hidup utk d mintai prtanggung jawaban,& mreka sadar..
    ISLAM adlh pusat p’tanya-an & bnyk kita mndptkn jawaban.
    Trmksh ya Allah,,kau tlah bukakan mata hati mreka…

  • chalid dochmi

    Masyaallah.., tiada daya dan upaya selain dari Allah. Hidaya Allah akan diberikan kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Allah juwalah yang akan memelihara agama NYA. Dan Allah juwalah yang akan mengantikan kaum yang ingkar dengan kaum yang lain yang lebih baik,mereka taat dan ridho kepada Allah dan Allah ridho kpd mereka. Apakah kita ini,muslim Indonesia, yang akan Allah gantikan???! Wallahualam…

  • Untung Budi

    Allahu Akbar Laa haula walla quwata Illa billah. Terharu bahagia mendengarnya namun terasa sedih melihat generasi muda mudi indonesia malah memilih gaya glamour dan hura hura ala jahilliyah orang barat sendiri. Mungkin Muda mudi bangsa ini malas baca quran dan hadist. Ya Allah bukakanlah mata hati saudara saudariku di seluruh dunia wal khusus Indonesia menjelang hari Kemenangan mutlak agamamu yg satu satuny Kau ridhloi. Amiiiin.

  • Abdul Haris Lubis

    Allah hu akbar…… lailahaillallah muhammadar rasullullah…., islam penuh kedamaian, kesujukan dan tanpa paksaan……….

  • hadi

    Orang Indonesia keluar dari Islam karena mereka bodoh, tapi orang barat masuk Islam karena mereka pinter….
    Islam adalah keyakinan yang paling rasional… Islam akan membimbing orang-orang yang menggunakan otaknya untk berpikir

    • Imandjasmani

      tugas kita tuk saling mengingatkan akhi nalkariim, yok kita bentuk kelompok kelompok kajian agar kita menjadi orang yang faham akan agama kita ini

    • tedi hendra

      betul pisan bro pendapat anda.indonesia malah ada jil bro.berati si ulil bodoh

  • Sofyar Sjamsu

    Hidayah itu tidak datang dengan sendirinya tetapi dibantu oleh kepintaran otak manusia..!

  • sari irna juwita

    Islam jalan yang lurus dan jalan keselamatan……

  • aji

    subhanallah,.
    semoga kita tetap istiqomah sbg muslim hingga akhir hayat,.

    Rabbana la tuzigh quluubana ba’da idz hadaitana wa hablana min ladunka rohmah innaka antal-wahhab

  • Atho Sugiarto

    Sesungguhnya Hidayah itu pasti akan datang kepada orang-orang yang berikhtiar

  • saif

    Allahu akbar. Mengapa justru orang-orang timur, sebagiannya, tidak bangga terhadap Islam?

  • Budi

    Artikel2 sama persis di republika OL…..

  • Abdul Rosyid

    SubhanAllah ..
    saya bangga sekaligus sedih membaca postingan/artikel di atas ,akankah terjadi pertukaran budaya antara negara2 barat dan negara2 timur ?

  • Abu Hammam Al farizi

    Allahu akbar..Allahuakbar
    apalagi yg membuatmu ragu saudaraku…..Islam akan berjaya
    jadilah Muslim yg brilian…jenius agar disegani bukan dgn kekerasan
    Rasulullah mengajari kita dgn kelembutan tentunya dgn ilmu Agama ini dgn benar

    • Mieke Gembirasari

      Mudah-mudahan kita – khususnya saya – yang terlahir sebagai Muslimah, mau berpikir mendalam tentang agama kita, Islam. Saya rasa, kita layak malu pada para mualaf, yang memperoleh hidayah menjadi Muslimah, dengan cara/jalan masing-masing. Keyakinan memang harus dipertanyakan, dipelajari, agar naik tingkat menjadi pola hidup kita. Islam terlalu sering disalahfahami, khususnya oleh orang Islam sendiri yang masih enggan mempelajari Islam dengan benar dan mendalam. Mudah-mudahan kita semua berproses menjadi penganut agama Islam yang benar, yang mau berpikir, dan menjalankan ajaran Islam dengan sebaik-baiknya. Bukankah Allah swt meninggikan derajat orang-orang yang berilmu?

      • Imandjasmani

        amiiiiiiiin, yok kita sama sama belajar dengan membangun kelompok kelompok kajian agama kita ini, insyaalloh, Alloh akan memberikan kemudahan dan Izzah Islam dapat kita tegakkan kembali

  • http://amirzn.blogspot.com/ Amir Zainuddin

    Yang haq pasti hadir sebagai pemenang final ! Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar walillahil-hamd.

  • Icak

    SubhaanAllah.. Sebuah, keputusan yang tepat, karna cuma Islam agama yang di Ridloi Tuhan.

  • Icak

    SubhaanAllah.. Sebuah, keputusan yang tepat, karna cuma Islam agama yang di Ridloi Tuhan.

  • Masustadz

    subhanallah

  • http://www.facebook.com/people/Mas-Ustadz/100000804484567 Mas Ustadz

    subhaanallah

  • hendriadi az

    subhanallah………
    Allahuakbar!!!!!!!!!!!!

  • sedekahonline.com

    subhanallah….inspiring……izin kutip beritanya

  • Woolha

    Subhanallah…Allahu Akbar…engkau telah tunjukan kebesaranMu yaa..Allah…

  • Sadidaqoulan

    izin copy iia ke blog saya,,

  • Inayetty

    Subhanallah…..semoga kita yg telah islam sejak kecil lebih memahami dan mengerti akan arti dari agama islam…..n buat kita kaum muslimah agar selalu menutup aurat kita sejak kita meninggalkan rumah agar kita terlihat wanita muslimah….amin….INDAHNYA JIKA KITA MERASAKAN NIKMATNYA MEMAKAI JILBAB.
     

  • Nugroho

    subhanallooh…ijin share ya
     

  • Sukma_eri

    subhanallah……semoga saya yang sudah dari lahir menganut islam semakin mencintainya…..n sampai engkau menjemput ajalku,   aku tetap islam,amin

  • Sarisyuhada

    Dakwah islam ini akan terus berjalan ada atau tidaknya kita.. tinggal kita yang memilih mau jadi pemain atau penonton saja.. yg tentunya nilainya jauh berbeda di sisi Allah..

  • Azzahra

    kalau ada versi English nya lebih seru niiich…jadi bisa kita sampaikan untuk dakwah juga…bisa kirim email ke temen2 yg niat konversi ke muslim … ;)

  • bmargo99

    Allahu Akbar…!!! Allah Maha Besar

  • Zulia Nick

    SUBHANALLAH… sampai merinding membacanya…, di mana kesadaran diri bagi penganut Islam keturunan? sedangkan para Mu’alaf mau mempelajari dan mempraktekkan ajaran Islam yang sesungguhnya?

  • http://www.facebook.com/rizq29 Rizky Nugraha

    subhanallah, selalu ingin menangis ketika membaca materi yang mengungkapkan keidndahan islam

  • joenash

    subhanallah….kuatkan iman hamba ya allah untuk memeluk islam seutuhnya

  • Benny Ohorella
  • http://www.facebook.com/elly.fadhliah Elly Fadhliah

    subhanallah… moga selalu diistiqomahkan aamiin…

  • kang ibnu

    muda-mudahan berita ini benar adanya, amiin

  • http://twitter.com/Rudimenulis Rudimenulis

    Subhanalloh….

  • Rizky Khairunni’syah

    Allaahummakhtim lanaa bil-islam wakhtim lanaa bil-iiman wakhtim lanaa bihusnilkhaatimah

  • http://twitter.com/HamdanHDT Hamdan Hidayat

    dr jaman nabi muhamad, islam itu di bangun pesat oleh para mualaf.., saat di inggris treand jilbab lah di indo & malay muslimahnya malah buka, ada yg pake jilbab atas dari dada ampe kakinya ketat semua..

    • captainc

      ini bukan trend, hanya beberapa org saja.jg percaya berita bombastis web islam. kadang mereka juga dungu.

  • http://www.facebook.com/ariefpribadi85 Arief Ibn Badr

    Hah Fatima al-Masumeh … semoga bukan syiah yang dia “Lauren Booth” yakini.

    • Pigy Corp

      ya gan,,moga2 bukan syiah,,

  • dyah

    subhanallah, terharu :’)

  • Aswin M.E Luwuk

    Aku tak percaya.

  • Burman Al Hakim

    Subhanallah

  • Suwarna Nanang

    Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar….

  • Abi Amin

    Mereka menjadi Muslim/mah karena keingintahuan akan Islam itu sendiri, bertanya dan belajar… hingga Allah memberikan HidayahNYA kepada mereka.
    Sementara banyak dari kita muslim/mah karena terlahir dari ayah+ibu yang muslim/mah
    dan kita jarang untuk bertanya/belajar tentang islam itu sendiri… akhirnya banyak prilaku kita yang tertentangan dengan nilai nilai Islam itu sendiri…….
    (Maaf jika ini comen ini terasa salah)

  • Rahmawan Helmi

    Gawat nih . . yang anti-islam . . .bakal . . . gerah yaaah.
    tapi ini adalah “fakta” yang tak terbantahkan . . . . . .

  • Manggalini Dian Insani

    subhanallah..allahu akbar..wal hamdulillah..

  • bagus

    subhanallah…bukti bahwa kebenaran akan firman Allah, n kiamat memang sudah dekat….

  • abdur

    Alhamdulillah kemenangan semakin dekat,….. ALLAHU AKBAR bersatu negeri-negeri bangun konsolidasi hancurkan kebatilan, tegakkan kedamaian dalam panji islam

  • Verra Nurf

    :)

  • nouna holland

    subhanallah

  • dekisugi

    hah? iran? bukan muslim itu sih….