Home / Berita / Internasional / Asia / Di Pakistan, Ahmadiyah tidak Termasuk Agama Islam

Di Pakistan, Ahmadiyah tidak Termasuk Agama Islam

Mirza Ghulam Ahmad (wikipedia)

dakwatuna.com – Jakarta. Pemerintah Indonesia tampaknya perlu mencontoh sikap tegas yang dilakukan Pakistan. Bila di sini, Ahmadiyah masih dibiarkan dan bisa leluasa mengaku-ngaku sebagai bagian dari pemeluk Islam, tidak demikian halnya di Pakistan.

Pengikut ajaran yang didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad (1835-1908) pada tahun 1889 di satu desa kecil yang bernama Qadian, Punjab, India, ini tak bisa mengaku dirinya sebagai Muslim. Ahmadiyah tidak digolongkan sebagai bagian dari agama Islam. Ahmadiyah dimasukkan sebagai agama minoritas non-Muslim.

”Konstitusi kami menempatkan mereka bukan Muslim. Mereka mungkin menyebut rumah ibadahnya sebagai masjid. Tapi, identitas mereka berbeda, agama mereka berbeda,” tegas Wakil Menteri Informasi dan Penyiaran Pakistan, Mansoor Suhail, kepada wartawan Republika, Muhammad Subarkah, saat berkesempatan berkunjung ke Pakistan, pekan lalu.

Cara tegas ini, ujar Suhail, terbukti efektif meredam konflik yang dulu kerap terjadi antara umat Islam dengan Ahmadiyah. ”Setelah posisi ini ditegaskan, segala keributan pun usai,” ujarnya.

Menurut Suhail, pemerintah Pakistan selama ini selalu bertanggung jawab dan dapat mengambil tindakan tepat bila ada permasalahan dalam hubungan antarkaum beragama. ”Tanggung jawab pemerintah untuk mencari jalan keluarnya. Siapa pun tak boleh mencederai sentimen keagamaan. Di sinilah peran pemerintah,” katanya. (Budi Raharjo/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (72 votes, average: 9,60 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • andhika. Kotabaru

    yang ngaku allah tuhannya dan muhammad rosulullah adalah islam, selain itu bukan islam. Pemerintah indonesia ga tegas mengenai ini sehingga memicu konflik berkepanjangan yg seharusnya ga terjadi. Gitu aja kok repot.

  • Hidayat.SE

    Dan ternyata munculnya Ahmadiyah itu disokong dan dibiayai oleh Inggris. Secara politis bisa digunakan untuk alat pemicu konflik khususnya di dalam agama Islam.

    • azis

      tau dari mana pak, emang sudah riset ?

      • sulis

        @ Azis : Mungkin metodologi ilmiah menjadi sarana pencerahan dalam menilai kebenaran secara ilmiah, tidak harus semuanya dibuktikan dg riset yg dilakukan sendiri. Semoga bermanfaat.

      • wawan

        banyak buku dan artikel yg membahas tentang AHMADIYAH bila anda ingin tahu hal ikhwal tentangnya…
        search di google khan bisa bosss…!!!

      • Ahyar

        Disiaran tv khusus milik AHMADIYAH. Mereka cukup bekembang di inggris. Di Indonesia, lebih baik tegas saja kayak Pakistan.

  • ekalita sari piesant

    Alhamdulillah..berarti memang dengan memisahkan Islam dengan Ahmadiyah terbukti efektif ya karena sudah terbukti di Pakistan….Memang ketegasan pemerintah diperlukan untuk menyikapi segala persoalan yang timbul.Wallahu’alam…

  • qlai,.

    AHMADIYAH PENGHANCUR AGAMA ISLAM……………..TDK PUASA….DAN TDAK SHALAT HANYA BRMODAL NIAT………
    AHAMDYAH SETAN ……………………………………..

    • syambah cul

      Ya woooong lupa makan OBAT ……….hahahahahaha

  • DeHaEnEs

    kenapa ahmadiyah tidak di bubarkan sampe skrg? karena konflik yang akan terjadi tentang ahmadiyah suatu saat nanti akan di jadikan alat pengaburan suatu kasus / pengalihan suatu isu politik yg berkait dengan pemimpin negara ini dan partainya. Kasus Ahamdiyah ini hanya sebagian kecil tameng pemerintah dan masih banyak lagi “kasus kasus” yg di buat tanpa solusi di negeri ini, tujuannya hanya untuk PENCITRAAN dan KEKUASAAN. wassalam

    • DeHaEnEs

      tambahan dikid juragan…..yg saya tulis diatas adalah apa yang disebut MANAJEMEN KONFLIK

  • M. Kakang

    beginilah kalo kita hidup di negara banci, aturannya banci, pejabatnya banci, aparatnya juga banci, hukumnya pun juga banci,…..kasian negeri ini….

  • ketika nanti hari kiamat smua manusia ditanya agama apa? islam percaya allah swt dan nabi muhammad rasul terakhir

    ahmadiyah sudah jelas bukan dari islam

  • maryono

    Jika kita percaya pada Allah kemudian mengagungkan nabi Muhamad saw serta taat dan patuh pada sabda nabi Muhamad saw untuk berbaiat pada Imam Mahdi, diakui atau tidak oleh manusia bukan hal penting sebab Allah maha mengetahui siapa saja hamba yg bertaqwa.

  • maryono

    Jika kita percaya pada Allah kemudian mengagungkan nabi Muhamad saw serta taat dan patuh pada sabda nabi Muhamad saw untuk berbaiat pada Imam Mahdi, diakui atau tidak oleh manusia bukan hal penting sebab Allah maha mengetahui siapa saja hambanya yg bertaqwa.

  • yazid

    Usul kongkret…
    1.Pemerintah (Mentri Agama) harus memutuskan dengan tegas bahwa Ahmadiyah bukan bagian dari agama Islam, seperti kasus di Pakistan. Bisa sebagia aliran kepercayaan atau sekte mungkin
    2. Pemerintah daerah setempat (Provinsi s/d RT) mendata semua warga negara Indonesia yang mengaku Ahmadiyah. Kemudian di KTP ditulis pada kolom “Agama : Aliran Kepercayaan Ahmadiyah”.

  • Elin Srirahayu

    Kenapa pemerintah kita itu kan tahu ahmadiyah bukan Islam tapi ko dibiarkan aja ya, ada apa ya dengan pemimpin kita .

  • Elin Srirahayu

    Kenapa pemerintah kita itu kan tahu ahmadiyah bukan Islam tapi ko dibiarkan aja ya, ada apa ya dengan pemimpin kita .

  • guest

    sengaja ahmadiyah ga langsung dibubarin atau dibiarin ga jelas…
    yg pasti ada orang di balik wayang, siap2 merekam semua kebuasan islam..
    biar islam makin disudutkan..

  • Ihsan Lesmana

    Bubarkan Ahmadiyah Atau Jadi Agama Baru Jangan Berlindung Di Bawah Agama Islam

  • Syamsul Herry

    Saya turut Prihatin dengan Negara Pakistan yang tak pernah Damai sampai detik ini Negara tersebut selalu di hantui peperangan dan Bom bunuh diri di mana-mana, bahkan sampai berapa kali Kepala Negaranya di Hukum Mati, hal itu terjadi setelah Ahmadiyah di Usir dari Bumi Pakistan, itulah Azab Allah SWT.terhadap Negara yg berbuat kekejaman terhadap AHMADIYAH.semoga di Negara kita tidak terjadi Hal seperti itu INSYAALLAH…

    • Aristokrat

      ENTE PENGIKUT PINGIKUT AHMADYAH RUPANYA???

    • syambah cul

      Allah telah mengatakan apa bila umat ku mengada-adakan melenceng dari Alqur’an maka terimalah azab dari ku
      Sudah jelas bahwa nabi/rasul yg terakhir nabi Rasulullah ‘alaihisalam (MUHAMMAD S.A.W) dan tak ada nama AHMAD GULAM MBOK SADAAAAAAAAAAAAAAAr jadi klo ada org menambah nabi/rasul nya dan tdk berpedoman dgn Alqur’an berarti bukan ISLAM…………………………

    • Ahyar

      Semoga seluruh pengikut AHMADIYAH besera anak cucunya diberi Adzab yang maha dahsyat oleh Allah SWT selama masa hidup di dunia hingga nanti di akhirat kelak. Tanpa ada sedikitpun ampunan, sebagaimana kebohongan mereka pada islam. Amin.

  • fokemon bintoke

    pada suatu hari saya pernah ngobrol2 dengan orang pakistan yang beristrikan wanita indonesia. menurut orang pakistan tsb, bagi sebagian besar orang pakistan, darah orang ahmadiyah itu halal, karena mereka tidak mengakui nabi muhammad, tapi ngaku2 islam. pada awalnya ahmadiyah sengaja dibentuk oleh amerika di pakistan untuk memecah belah umat islam dan melemahkan islam di sana. hmmm masuk akal juga sih…

  • Ki Gendhing Kinanti

    Dgn memposisikan sbg non muslim, maka hak & kewajibannya menjadi jelas. Baik dimata pemerintah maupun dimata muslim.

  • herni nurhayanti

    ya allah berilah hidayah pada pengikut ahmadiyah,berilah jalan yg lurus unyuk menuju islam yang sebenarnya, aamiin aamiin aamiin yarobbalalamiin

    • joko satoni

      amin kita wajib mendo,akan agar kembali keislam yg kaafah bukankah mereka ahmadiah karena keturunan,

  • Nani Basiroh

    Klo memang Ahmadiyah masih di izinkan di Indonesia, sebaiknya dipisahkan aj sama agama Islam . Jdi agama Ahmadiyah sendiri dan Islam juga sendiri….

  • arifipung

    Menurut YLBHI, mengacu pada UU No. 8 Tahun 1985 tentang Organisasi
    Kemasyarakatan (Ormas), pemerintah hanya dapat membekukan pengurus atau
    pengurus pusat suatu ormas apabila ormas tersebut melakukan kegiatan
    yang mengganggu keamanan dan ketertiban umum.

    “Dalam hal ini, Jamaah Ahmadiyah tidak pernah melakukan kegiatan yang
    mengganggu keamanan dan ketertiban umum. Sebaliknya mereka justru
    menjadi korban ormas-ormas yang mengatasnamakan agama atau kedaerahan,”
    kata Erna (S024/Z003/ant)
    ——————————————————————————————————
    secara fisik mungkin kelakuan org2 ahmadiyah tidak melakukan kegiatan yg mengganggu org lain (keamanan dan ketertiban)… tetapi ajaran tersebut menimbulkan fitnah yg nyata terhadap islam serta tidak melakukan tata tertib peribadatan sebagaimana umat islam sewajarnya. ambang batas kewajaran adalah kesepakatan ulama, ajaran ahmadiyah tidak dapat diterima hampir semua ulama di indonesia. kekerasan fisik mungkin saja tidak, kekerasan aqidah sangat nyata.

    • Mas Yudha Wae

      Maklum aja dasar hukum yang dipakai orang2 YLBHI adalah hukum buatan manusia, jadi mereka jg gak merasa bertanggung jawab nanti diakhirat terhadap kondisi lingkungan sekitarnya…jadi komentar seenaknya….

Lihat Juga

Kemenangan Trump dan Pengaruhnya Terhadap Mesir