Home / Berita / Nasional / MUI NTB: Menyogok untuk Lulus PNS Hukumnya Haram

MUI NTB: Menyogok untuk Lulus PNS Hukumnya Haram

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Mataram. Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nusa Tenggara Barat, mengimbau masyarakat agar dalam proses penerimaan Pegawai Negeri Sipil 2010, tidak menyogok agar bisa lulus karena menyogok itu hukumnya haram.

“Menyogok untuk bisa lulus jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) hukumnya haram. Uang gaji yang diterima juga haram,” kata Wakil Ketua MUI Wilayah Nusa Tenggara Barat Bidang Fatwa HM. Mustami`uddin Ibrahim, di Mataram, Kamis.

Dia merasa tidak perlu mengeluarkan fatwa haram mengenai menyogok hanya untuk bisa lulus menjadi seorang PNS karena hal itu sudah jelas melanggar syariat Islam, meskipun masyarakat mempertanyakan hukum sogok-menyogok menjadi PNS.

Hal yang perlu untuk dibahas guna mencari fatwa halal atau haram adalah sesuatu yang belum memiliki dalil, namun banyak diperbuat oleh manusia.

Mustami`uddin yang juga Rektor Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram ini mengutip hadis nabi Muhammad SAW, yang dengan tegas menyatakan bahwa “Barang siapa yang menyogok dan menerima sogokan dan merugikan orang lain maka hukumnya adalah masuk neraka”.

“Jadi dalam kasus sogok-menyogok hanya untuk bisa menjadi PNS sangat diharamkan karena ada unsur kezaliman terhadap orang yang benar-benar pintar, sehingga dia lulus tes. Tetapi karena adanya oknum yang menyogok ia akhirnya tidak diluluskan jadi PNS,” katanya.(*) (ANT/AR09/ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (15 votes, average: 9,53 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Zulham Efendi

    Setuju, sbb kalau sistem sogok cuma buat orang2 yang punya uang bisa masuk PNS sdagkan untuk klangan bwah yg pnya otak jenius cuma biso gigit jari akibat d geser oleh orang2 yang bruang…. Tp sistem sperti ni msh sngat2 bnyak brlaku d indonesia..

  • Sastra

    Allah Subhanahu Wata’ala melarang agar jangan memberi dan menerima sogok

  • Riri

    mantap…
    karena rezeki bisa diperoleh dari usaha mana saja asalkan halal… nggak mesti jadi PNS.. selama kita masih berusaha pasti Allah akan memberikan rezeki… malahan yang nggak PNS yang kaya2…
    mudah-mudahan rezeki yang diperoleh itu BERKAH

  • Ruslinarusdi

    setuju,..selain itu juga menyogok melemahkan mental anak bangsa,…yang benar2 beljar n berusaha harus hilang kesempatannya oleh orang yang sebenarnya tidak berhak,..

Lihat Juga

surat tvri

Mengaku Khilaf, TVRI Akhirnya Minta Maaf