Home / Berita / Nasional / PKPU Kirimkan Bantuan untuk Korban Banjir Wasior

PKPU Kirimkan Bantuan untuk Korban Banjir Wasior

Bantuan PKPU untuk kobran banjir Wasior, Papua Barat (ist)

dakwatuna.com – Jakarta. Bencana banjir kembali melanda Indonesia. Kali ini, sebelah timur Indonesia tepatnya di Kota Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Propinsi Papua Barat. Banjir disebabkan curah hujan yang tinggi dan terus menerus sejak Senin pagi (4/10/2010). Akibat banjir itu, sedikitnya 87 orang tewas dan 68 orang hilang, 75 orang luka berat, dan 461 orang luka ringan.

Tidak hanya kerusakan fisik yang diakibatkan banjir dan tanah longsor ini, namun juga aktifitas pendidikan dan ekonomi warga Kota Wasior juga terhenti akibat terjangan banjir yang mendera daerah ini.

PKPU Peduli Banjir Wasior

Untuk meringankan kesulitan para korban bencana, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU mengirimkan bantuan berupa bahan makanan seperti beras, mie instan, air mineral, tenda, minyak tanah, kain, sarung, perlengkapan ibadah dan pakaian layak pakai. Bantuan PKPU diterima Mugiyono selaku koordinator pelaksana lapangan program peduli banjir bandang Wasior.

Bantuan PKPU tersebut diangkut menggunakan Kapal Elsity, bertolak menuju Wasior pada Kamis (7/10/2010) pukul 05.30 WIT. Kapal Elsity akan menempuh perjalanan kurang lebih selama 10-12 jam sebelum merapat ke Teluk Wondama. Selanjutnya bantuan akan didistribusikan relawan kemanusiaan PKPU di Wasior kepada korban bencana.

Mengingat dampak bencana banjir bandang di Wasior ini cukup besar dan meluas, PKPU pada Kamis malam (7/10/2010) menerjunkan langsung Tim Rescue Medis PKPU yang dikomandoi Subur Rojinawi.

Tim kemanusiaan PKPU akan tiba di Manokwari pada Jumat (8/7/2010) pukul 06.45 WIT yang selanjutnya akan langsung berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten Manokwari dan Pemerintah Propinsi Papua Barat untuk pelaksanaan program tanggap darurat bagi korban banjir bandang sebelum bertolak menuju Teluk Wondama.

Tim kemanusiaan PKPU juga akan melakukan operasi kemanusiaan tahap tanggap darurat berupa evakuasi korban, pelayanan kesehatan, pendirian dapur umum, dan pemberian makanan pokok.

Manajer Rescue PKPU Muhammad Yasin menerangkan bahwa kehadiran Tim Kemanusiaan PKPU dengan melibatkan warga setempat bertujuan membantu para korban. “Semoga kedatangan Tim Rescue dan Medis PKPU ini, sedikitnya dapat meringankan beban mereka yang terkena musibah banjir,” ujarnya.

Mengingat lokasi bencana yang sulit untuk ditembus serta keterbatasan sarana transportasi, maka Tim Kemanusiaan PKPU akan mempriotaskan mengumpulkan berbagai macam kebutuhan untuk para korban di Manokwari dan Nabire. Untuk menempuh jalur laut akan membutuhkan waktu yang lama. PKPU memutuskan untuk menyewa helikopter untuk dapat segera tiba di lokasi bencana. (rilis)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

DSC_0932

“Qurbanmu Kendaraanmu” Ajakan Berqurban Untuk Meraih Ketaqwaan-Nya