Home / Berita / 700 Peserta dari 80 Negara Hadiri Muktamar WAMY di Jakarta

700 Peserta dari 80 Negara Hadiri Muktamar WAMY di Jakarta

Logo Konferensi Internasional ke-11 WAMY (muktamar-wamy11.org)

dakwatuna.com – Jakarta, Muktamar Internasional World Assembly Muslim (WAMY) Ke 11 dihadiri 700 peserta dari 80 negara termasuk Indonesia. Delegasi dari luar negeri berasal dari reprentasi pimpinan pemuda di negara masing-masing. Sedangkan peserta dari dalam negeri adalah utusan dari anggota-anggota ormas yang terdaftar di WAMY.

Menurut Direktur WAMY Indonesia, Aang Suandi, para peserta akan bertukar pikiran menyamakan persepsi dan visi mengemban tanggung jawab sosial, “Muktamar merupakan momen berharga bagi pemuda Muslim dunia,” kata dia di depan wartawan, Jakarta, Jumat (1/10).

Oleh karena itu, seminar dengan tema “pemuda dan tanggungjawab sosial” fokus membahas isu-isu dan permasalahan kekinian di aspek sosial. Diantara bahasan yang akan diperbincangkan yaitu definisi tanggungjawan dalam Islam, peran pemuda di ranah sosial, tantangan dan kendala serta solusi penyelesaiannya. Selain itu, program-program aplikatif untul mengotimalkan peran pemuda juga dijadikan tema bahasan utama.

Agar Muktamar lebih maksimal, ungkap dia, sejumlah pakar di bidang masing-masing akan tampil sebagai pembicara. Antara lain Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad, Mantan Menteri Agama Republik Sudan, Isham Al-Bashir, Muhammad Al-Hasan Al-Dadu, Direktur Pusat Kaderisasi Ulama Moretania, dan Dai Amr Khalid.

Sedangkan Ulama Islam terkemula dan Sekjen OKI, Yusuf Al-Qaradlawi yang semula dijadwalkan datang akhirnya batal hadir karena kondisi fisik yang tak memungkinkan. “Muktamar akan dibuka resmi oleh Menag RI dan Presiden WAMY Pusat,” kata dia

Sementara itu, Representasi WAMY Asia Tenggara, Makmur Hasanuddin, muktamar kali ini akan menjadi ajang pertemuan kantor perwakilan WAMY yang berada di Asia Tenggara.yaitu Indonesia, Malaysia, Philipina, Kamboja, dan Thailand. Salah satu agenda utama pertemuan adalah membahas langkah dan program strategis WAMY ke depan. Terutama menyikapi rekomendasi yang dihasilkan dari muktamar nantinya. “WAMY akan terus berupaya berkonstribusi memberdayakan pemuda,” kata dia. (RoL)

About these ads

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (elshinta.com)

Pembatalan Perda Bernuansa Syariah dan Konservatisme Sosial di Alam Demokrasi

Organization