Home / Berita / Nasional / Menag: Kekerasan Para Teroris Bukan Jihad!

Menag: Kekerasan Para Teroris Bukan Jihad!

Menteri Agama, Suryadharma Ali (blogspot.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Menteri Agama Suryadharma Ali mengakui saat ini terorisme menunjukkan kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. Surya mengaku prihatin dengan aksi-aksi terorisme yang marak akhir-akhir ini. Oleh karenanya, semua pihak harus waspada.

“Jadi, tindak kekerasan atas nama apapun termasuk atas nama agama tidak bisa dibenarkan. Dan itu harus dikutuk karena terorisme adalah suatu tindakan yang biadab, anti kemanusiaan, teror, menebarkan ketakutan di antara warga negara jadi sekali lagi itu adalah perbuatan terkutuk dan biadab,” kata Surya di Monumen Pancasila Sakti, Jumat (1/10).

Surya menegaskan, kekerasan itu bukan jihad. “Kekerasan itu harus ada dasar yang jelas. Sekarang siapa yang memusuhi Islam di Indonesia ini? Pemerintah tidak memusuhi Islam. Pemerintah tidak melarang ibadah orang Islam. Presiden Islam, Wakil Presiden Islam, para menteri banyak yang Islam, mayoritas Islam,” kata dia.

Surya menegaskan, Islam dan agama-agama lain di Indonesia berkembang dengan baik tanpa hambatan dari mana pun. “Jadi, kalau ada gerakan yang mengatasnamakan agama Islam, jihad itu tidak berdasar pemikiran sama sekali. Tidak benar. Jihad itu harus diartikan pada arti yang lain yang lebih bermanfaat,” kata dia.

Surya mencontohkan, jihad bisa dilakukan di bidang pendidikan, pengentasan pendidikan, membangun bangsa dan masyarakat, membentuk masyarakat berkarakter, dan berahlakuk karimah. “Jihad seperti itu jauh lebih bermanfaat dibandingkan jihad seperti mereka pahami itu,” kata dia.

Di dalam Islam, kata Surya, tidak ada ajaran untuk membunuh, apalagi membunuh orang yang tidak berdosa. “Saya ingat satu ayat, kalau kita bunuh satu orang, sama saja membunuh umat manusia sejagat raya. Kalau kita menghidupkan orang, sama saja kita hidupkan orang sejagat raya,” kata dia. (Endro Yuwanto/M Ikhsan/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • tasnim

    kekerasan tentara kepada rakyat dimana-mana teroris bukan jawab pak menteri agama dengan adil dan jujur.

  • mujahidah

    gak pernah bca QS Muhammad:20 kali yaaa,,, atau sirah nabawiyah dan berlaku tidak munafik!!

  • otaknya aja udah agak keracunan liberal dan faktor kepentingan..

  • muslihyunus

    20. Dan orang-orang yang beriman berkata: “Mengapa tiada diturunkan suatu surat?” Maka apabila diturunkan suatu surat [1393] yang jelas maksudnya dan disebutkan di dalamnya (perintah) perang, kamu lihat orang-orang yang ada penyakit di dalam hatinya memandang kepadamu seperti pandangan orang yang pingsan karena takut mati, dan kecelakaanlah bagi mereka.

Lihat Juga

Penjelasan Menag Soal Orasi Kebudayaan di Ultah AJI yang Dianggap Kontroversi