Topic
Home / Berita / Nasional / Menag: Kekerasan Para Teroris Bukan Jihad!

Menag: Kekerasan Para Teroris Bukan Jihad!

Menteri Agama, Suryadharma Ali (blogspot.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Menteri Agama Suryadharma Ali mengakui saat ini terorisme menunjukkan kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. Surya mengaku prihatin dengan aksi-aksi terorisme yang marak akhir-akhir ini. Oleh karenanya, semua pihak harus waspada.

“Jadi, tindak kekerasan atas nama apapun termasuk atas nama agama tidak bisa dibenarkan. Dan itu harus dikutuk karena terorisme adalah suatu tindakan yang biadab, anti kemanusiaan, teror, menebarkan ketakutan di antara warga negara jadi sekali lagi itu adalah perbuatan terkutuk dan biadab,” kata Surya di Monumen Pancasila Sakti, Jumat (1/10).

Surya menegaskan, kekerasan itu bukan jihad. “Kekerasan itu harus ada dasar yang jelas. Sekarang siapa yang memusuhi Islam di Indonesia ini? Pemerintah tidak memusuhi Islam. Pemerintah tidak melarang ibadah orang Islam. Presiden Islam, Wakil Presiden Islam, para menteri banyak yang Islam, mayoritas Islam,” kata dia.

Surya menegaskan, Islam dan agama-agama lain di Indonesia berkembang dengan baik tanpa hambatan dari mana pun. “Jadi, kalau ada gerakan yang mengatasnamakan agama Islam, jihad itu tidak berdasar pemikiran sama sekali. Tidak benar. Jihad itu harus diartikan pada arti yang lain yang lebih bermanfaat,” kata dia.

Surya mencontohkan, jihad bisa dilakukan di bidang pendidikan, pengentasan pendidikan, membangun bangsa dan masyarakat, membentuk masyarakat berkarakter, dan berahlakuk karimah. “Jihad seperti itu jauh lebih bermanfaat dibandingkan jihad seperti mereka pahami itu,” kata dia.

Di dalam Islam, kata Surya, tidak ada ajaran untuk membunuh, apalagi membunuh orang yang tidak berdosa. “Saya ingat satu ayat, kalau kita bunuh satu orang, sama saja membunuh umat manusia sejagat raya. Kalau kita menghidupkan orang, sama saja kita hidupkan orang sejagat raya,” kata dia. (Endro Yuwanto/M Ikhsan/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kepolisian Diraja Malaysia Tangkap Pendana Kelompok Teroris ISIS

Figure
Organization