Home / Berita / Internasional / Asia / Rakyat Turki Sambut Konvoi untuk Gaza di Ankara

Rakyat Turki Sambut Konvoi untuk Gaza di Ankara

Seorang aktivis Pro Palestina memeriksa kendarannya di konvoi bantuan Inggris yang diketuai oleh George Galloway yang memimpin organisasi 'Viva Palestina', di Istanbul Turki, 28 September 2010. (Getty Images)

dakwatuna.com – Ankara. Konvoi Arteri Kehidupan 5 yang sudah berangkat dua pecan lalu dari Inggris menuju Gaza, kini tiba di ibu kota Turki, Istanbul.

Para peserrta Arteri Kehidupan 5 yang dipimpin, relawan asal Inggris, George Galloway, Kamis (30/9) melakukan konferensi pers dihadiri sejumlah pejabat di lembaga bantuan kemanusiaan Turki (IHH) yang menyambut kedatangan mereka di Ankara.

Husen Ozturk, jubir himpunan organsisasi sipil Turki menyebutkan, pertemuan ini, bukanlah yang terakhir. Pengiriman bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza akan terus berlanjut, hingga berakhirnya blockade Zionis, ungkapnya.

Di pihak lain, Kevin Opendn, wakil Galloway di Arteri Kehidupan 5 mengisyaratkan, konvoi ini merupakan rombongan pertama ke Jalur Gaza, menyusul serangan tentara Zionis ke Freedom Flotilla akhir Mei lalu. Ia menambahkan, Entitas Zionis tidak akan pernah diam dalam menghadapi eskalasi solidaritas internasional.

Dalam pada itu, ia meminta masyarakat internasional bergerak untuk menghapuskan blockade Zionis terhadap Gaza. Ia juga meminta semua pemerintah internasional mendukung sikap pemerintah Turki, Recep Tayib Erdogan dalam perangnya untuk menciptakan perdamaian dan keadilan.

Setelah diadakan konferensi, rombongan kemudian bergerak menuju kota Kayseri, sebuah kota kelahiran Furkan Dogan, relawan yang gugur dalam misi kemanusiaan, Freedom Flotilla. Selanjutnya rombongan akan bergerak menuju koat Adana.

Menurut jadwal, konvoi arteri kehidupan 5 akan meninggalkan Turki menuju Suriah pada awal Oktober untuk menjemput sejumlah organisasi dan relawan Arab yang akan bergabung dengan rombongan ini. sejumlah organisasi Arab dan Afrika sudah menunggu di sana. Rombongan ini terhadi dari 200 mobil dan 400 relawan. Semuanya akan menuju pelabuhan Arish Mesir, untuk kemudian masuk Gaza melalui perbatasan Rafah. (asy/pip)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Perbatasan Jalur Gaza-Israel. (aa.tr.com)

Israel Bangun Pagar Beton Tutup Terowongan Bawah Tanah Hamas