Home / Berita / Nasional / Tangkap Terduga Teroris Saat Shalat, Densus 88 Langgar HAM

Tangkap Terduga Teroris Saat Shalat, Densus 88 Langgar HAM

Anggota Komisi Hukum DPR, Nasir Jamil (matanews)

dakwatuna.com – Jakarta. Anggota Komisi Hukum DPR Nasir Jamil menyayangkan tindakan personel Detasemen Khusus 88 Antiteror yang kerap menyalahi aturan. Nasir juga mengecam tindakan Densus 88 yang melakukan penyergapan terduga teroris Ghazali saat sedang menunaikan salat di Tanjung Balai Sumatera Utara.

“Kalau benar informasi Ghazali sedang salat lalu disergap Densus itu melanggar UUD, karena ibadah adalah hak asasi yang dimiliki umat beragama. Kerja Densus harus sesuai prosedur tidak boleh semena-mena,” kata Nasir kepada okezone di Gedung DPR, Jakarta, Senin, (27/9/2010).

Menurut politisi PKS ini, dugaan kesewenangan Densus 88 kerap disuarakan pegiat HAM seperti Kontras dan Komnas HAM. Karenanya dia mendesak, Kapolri melakukan pembenahan internal termasuk memperketat standar prosedur operasional saat bertugas.

“Apapun namanya dia selama termasuk dalam kategori aparat penegak hukum harus mengikuti kaidah hukum, jangan sampai melanggar HAM. Catatan ini perlu menjadi bagian dalam pelaksanaan tugas mereka,” jelas dia.

Nasir juga mendukung langkah Kementerian Hukum dan HAM mengkaji dugaan pelanggaran HAM oleh personel Densus 88. Dia menyarankan kajian ini dilakukan secara menyeluruh dengan sejumlah lembaga atau aktivis HAM seperti Komnas HAM dan Kontras.

Sebelumnya, Ghazali ditangkap aparat Densus 88 saat sedang salat berjamaah di rumahnya bersama tiga orang lainnya. Dalam peristiwa itu dua orang tewas ditembak karena mencoba melarikan diri. Sedangkan Gazali dan 1 orang lainnya ditangkap. (crl/okezone/h)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (23 votes, average: 8,57 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • miranty tanduk

    Di Pikir Negara Kita apa?
    Nga ada sopan Santun…
    Emangnya Hanya tugas Doank yg di pentingkan….
    Mungkin Polisix lagi nga sholat ya…?
    Cari Muka Aja

  • pembela islam

    densus 88 anjing-anjingnya orang2 kafir… mudah2an Allah menurunkan bala untuk kalian… amiiiiin… Allahu Akbar…..3x….!!!!!!

  • pembela islam

    wahai densus bangsat,,tunggulah pembalasan dari Allah untuk kalian.. sebentar lagi kalian akan merasakan akibat dari perbuatan kalian.. Ya Allah…hancurkanlah densus 88 yg tak bermoral di negeri ini…!!!!mereka itu aparat2 komonis…

  • udin

    seharusnya nangkapx setelah shalat

  • widi nugroho

    DPR Segera bentuk tim evaluasi Densus 88. Yang langgar HAM seret ke Pengadilan. Kalo 88 nggak becus kerja prosedural ganti dengan detasemen khusus dari TNI saja.

    • js soegeng

      kok nggak sabaran amat ,orang sholat nggak lebih dr sepuluh menit,apa memang prosedur MU begitu

  • bang yos

    sayang sekali kelakuan aparat kepolisian tdk menghargai org beribadah, padahal dia juga bakal mati dan mempertanggungjawabkannya kelak

  • mentang2 pasukan khusus suka2mu sja..apa lo kafir ya ?
    dilaknat Allah lah densus 88 tu,g da otak..

  • tasnim

    gitu dong pak nasir buat statement dan tanggapi kasus ini dengan serius angota dpr jangan pada diam aja ada rakyat lagi sholat dibantai harus diselesaikan nyawa dibalas nyawa rakyat harus membalas perlakuan Densus 88 berperilaku PKI dan Israel, rakyat harus berani lagi sholat disikat keterlaluan keterlaluan

  • eka

    cukup menarik artikelnya

  • sosro

    kalo lagi “ngejar setoran” ya gitu…yg penting ada yg “ditangkap”..kalo perlu dibunuh sekalian..biar keliatan ada “kerjaan”

  • wandi

    Negara ni gimana sih makin ruwet
    Ada yang sok jagoan
    Ada yang main hakim sendiri
    Ada yang tolak anarki, tapi berbuat anarki
    Ada yang berantas teroris, tapi juga seperti teroris
    Emangnya semua masalah ini bisa diselesaikan dengan kekerasan

  • DULAH

    Saya rasanya malu kalo jadi tim mereka, percuma sj katanya sdh menjadi tim ahli, tapi caranya begitu. Huuu….uuuuuuh payah

  • tasnim

    Kalau Alloh sudah Membela hambanya yang dibantai lagi sholat pasti bisa liha aja kekuatan ALLOH membuat gempa tsunami, Wasior, letusan merapi berapa yang Alloh mau gampang ajah, Hamba Alloh yanag lagi sholat dibantai keterlauan liha akibatnya,?

  • Syahidah73

    Menakutkan baru terindikasi teroris hatam walaupun lagi sholat negara bar bar

Lihat Juga

Ilustrasi - Ramadhan di Masjid Al-Hikmah, Jakarta Selatan (Al-Hikmah)

Masjid Ramah Anak

Organization