18:36 - Jumat, 30 Januari 2015

Jumlah Penghafal Al-Qur’an Indonesia Terbanyak di Dunia

Rubrik: Nasional | Kontributor: dakwatuna.com - 26/09/10 | 09:03 | 17 Shawwal 1431 H

Ilustrasi (quranreading.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Indonesia kali ini boleh berbangga. Pasalnya, ternyata jumlah penghafal Alquran di Indonesia tertinggi di dunia, yakni mencapai 30 ribu orang. Arab Saudi bahkan hanya memiliki 6.000 orang penghafal Alquran.

Namun jangan gembira dulu, jumlah tersebut masih terhitung sedikit jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan penduduk Indonesia yang sekitar 234 juta orang.

”Jadi lomba Musabaqah hafalan Alquran dianggap penting agar bisa terus menghasilkan penghafal Alquran dan hadits di kemudian hari,” ujar Koordinator Sekretariat Musabaqah Tahunan Hafalan Alquran Sultan Bin Abdul Aziz Tingkat Nasional, Gunaim Ikhsan, Jumat (24/9).

Acara yang berlangsung sejak Jumat (24/9) hingga Ahad (26/9) ini, kata Gunaim, masih memperlombakan lima cabang utama. Yakni hafalan 30 juz Alquran, 20 Juz Alquran, 15 Juz Alquran, 10 Juz Alquran, serta hafalan kumpulan hadits sejumlah 500 hadits (100 hadits lengkap dengan sanadnya dan 400 hadits tanpa sanad). “Jumlah peserta selalu bertambah setiap tahunnya. Tahun ini termasuk animo terbesar, terutama untuk peserta hapalan hadits,” kata dia.

Gunaim menambahkan, demi terus meningkatkan jumlah penghafal Alquran di Indonesia, hadiah Musabaqah pun terus ditambah. Ahad nanti, panitia akan mengumumkan 15 pemenang dari lima kategori perlombaan tersebut. Hadiah terbesarnya, yakni bagi pemenang pertama kategori hafalan 30 juz Alquran berhak mendapatkan uang sebesar 16 ribu riyal atau sebesar Rp 40 juta. Jumlah tersebut terus berurutan menurun untuk juara-juara berikutnya. Hadiah tersekecil, yakni bagi juara tiga cabang hafalan Alquran 10 juz akan mendapatkan 5.000 riyal atau sebesar Rp 12,5 juta. “Untuk peserta yang tidak menang juga kami berikan hadiah sebesar Rp 450 ribu per orang,” katanya.

Hadiah-hadiah tersebut tentu belum termasuk akomodasi dan penginapan serta baju, tas, dan makan yang gratis. Hadiah-hadiah dalam jumlah yang cukup besar tersebut, kata Gunaim, diharapkan mampu memberikan tambahan motivasi bagi anak muda penghafal Alquran agar memiliki kualitas lebih baik lagi. (Endro Yuwanto/Yasmina Hasni/RoL)

Redaktur: Hendra El-Bugeri

Keyword: , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (51 orang menilai, rata-rata: 9,82 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • Tasnim

    Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh,
    harusnya para penghafal ayat-ayat Alloh yang jadi pemimpin dinegeri ini dari presiden (kholifah) sampai lurah, jangan penghafal ayat syetan yang jadi pemimpin bahaya negeri ini bisa rusak dan hancur lebur.

  • Hatinurani

    Semoga kekayaan Allah SWT itu ada yang menjaga dan terus memperbanyak jumlahnya. Insya Allah, memalui amanah yang dikandung oleh para Hamilul-Quran itu, Allah SWT berkenan segera mengangkat harkat, martabat, dan derajat Bangsa dan Negara kita Republik Indonesia menjadi adil, makmur, kerta raharja. Amin ya, Rabbana.

  • indah

    alhamdulillah…seharusny berita m’banggakan yg sprti ini yg diblow up d media. bukanny berita artis yg b’buat amoral&asusila.

  • Mudzakkirah

    Semoga penghafal-penghafal Al-Qur’an Indonesia bukan lahir karena motivasi dunia (hadiah, pujian, & sebagainya)

  • raissa

    alhamdulillah semoga umat islam yg berada di indonesia semakin banyak yg menghafal al-qur’an.
    saya sangat setuju dengan di adakan nya lomba tersebut karna agar umat islam termotifasi untuk meghafal al-qur’an

  • defina

    komentar saya tentang artikel tadi sangat bagus, semoga lebih banyak lagi penghafal Al-Qur’an dari indonesia

  • ghina

    alhamdulillah semoga artikel tentang ini dapat dipahami oleh kalangan muslim lainnya.

  • Ricky

    tinggal, “berapa banyak pengamal Al Qur’an???”

  • Anwar

    Saya sangat bangga menjadi warga negara Indonesia karena memiliki negara yang mampu menghasilkan generasi Qur’ani,,,,,dan saya lebeh bangga lagi apabila saya termasuk kedalam data tersebuta……

  • Syawal Mappa

    Semoga saja tiap tahunnya akan selalu bertambah jumlah penghafal2 Qur’an diindonesia. Tapi yg menjadi hambatan, terbatasnya tempat2 yg bisa mengajar anak2 indonesia enjadi hafiz2 Qur’an. Contohnya saja aku mengharapkan anak2 menjadi hafiz, namun kebanyakan dr pesantren2 didaerah kami tidak mengajarkan seperti itu,,, alias pesantren modern contohnya. Semoga saja kedepannya ada yg mmengajarkannya demikian, Smoga saja.

  • Juwita

    Alhamdullilah, kita harus bersyukur atas keberhasilan ini, tapi alangka lebih baik y jika kta jangan hanya mengapal Al-quran saja, tapi memperbanyak orang indonesia untuk mengamalkan apa yang dihapal nya dalam kehidupan sehari-hari, Insyaallah Indonesia akan menjadi negara surga dunia dan akhirat bagi penduduk y, Aminnnnn

  • hermanto

    yang terpenting bagaimana umat islam indonesia mau mengamalkan isi alquran agar allah terus mmbr keridaan, , banyak menghapal dan jg mengamalkan itu yg trbaik.

  • MOHAMAD ROSYID

    SODAQOLLAHUL AZHIM
    MAHA SUCI ALLOH DENGAN SEGALA FIRMAN-NYA

  • Yuni Riyanti

    Al Quran tu firmanNY,wlp byk org kafir ingn mnylwengkn isiny tp sungguh Allah yg kn mjga&mmlhra keorisinilan firmanNY tsb,mll lidah2 para hufadz..

  • Vinz_bluesky

    semoga dengan bertambahnya para hafidz dan hafidzah menjadikan akhlak Indonesia semakin baik
    Amin

  • http://www.facebook.com/suwandee Suwandi Al Abrisam

    Allahuakbar!!!!
     

  • Langlang Langgin

    dimana saya dapat menemukan jumlah penghafal al quran di setiap negara???

  • Sultan Raja Bungsu

    semoga Muslim Indonesia dapat menghafal alquran

Iklan negatif? Laporkan!
101 queries in 1,218 seconds.