Home / Berita / Internasional / Eropa / Dubes RI untuk Belanda: Kok Wilders Boleh Memaki Islam?

Dubes RI untuk Belanda: Kok Wilders Boleh Memaki Islam?

Dubes RI untuk Belanda, Junus Effendie Habibie (photo400)

dakwatuna.com – Den Haag. Menurut pemimpin Partai untuk Kebebasan Geert Wilders Dubes RI di Belanda harus ditegur, jika dia, atas nama pemerintahnya sendiri berkomentar negatif tentang PVV dan pemilih PVV. “Kami tidak bisa membiarkan hal ini,” kata Wilders Kamis (23/09).

Wilders meminta penjelasan Menlu demisioner Maxime Verhagen dan ingin agar Verhagen memanggil Junus Effendie Habibie. Wilders mengatakan tidak akan menerima begitu saja jawaban Verhagen usai pertemuan dengan Habibie. Menurutnya Indonesia harus lebih menahan diri.

Dinilai tidak Bijaksana
Menurut Menlu demisioner Belanda, Maxime Verhagen, ungkapan Duta Besar RI di Belanda, Junus Effendi Habibie tentang pemilih PVV ‘tidaklah bijaksana’. Verhagen mengatakan hari ini juga akan menghubungi Dubes RI membahas peristiwa tersebut. Demikian kata menteri dari Partai Kristen CDA Kamis (23/09) menanggapi wawancara Junus Habibie dalam surat kabar Het Financieele Dagblad.

Dalam wawancara tersebut Habibie ‘sangat meragukan’ kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Belanda Oktober mendatang, jika PVV termasuk kabinet baru. “Presiden jelas tidak datang ke sini jika kabinet termasuk orang yang menyebut Islam agama terbelakang,” kata Habibie. “Para pemilih Wilders mungkin menderita psikosis ketakutan,” tambahnya.

Sebelumnya Partai untuk Kebebasan PVV mengimbau Verhagen memanggil Duta Besar Indonesia, Junus Effendi Habibie terkait ‘ungkapan memalukan’ tentang pemimpin PVV Geert Wilders serta pemilih PVV.

Tidak Mencampuri Intern Belanda
Kepada Radio Nederland, Dubes Junus Habibie menekankan bahwa dirinya tidak mau mencampuri urusan interen Belanda. “Saya bilang pemerintah saya tidak mau mencampuri urusan dalam negeri Belanda. Itu yang pertama.”

Selain itu Habibie juga menyatakan bahwa kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dijadwalkan 6 sampai dengan 9 Oktober atas undangan Ratu Belanda. “Presiden saya diundang oleh ratu (Belanda) untuk datang dan ia menyatakan akan datang. Memang kalau, pemerintah Belanda banyak dipengaruhi oleh Wilders, presiden saya akan datang tetapi tidak nyaman. Karena dia datang buat ratu.”

Habibie juga menanggapi ungkapan Wilders yang sering menghina Islam. “Apalagi kalau Wilders memaki-maki Islam, memaki-maki Indonesia. Kok dia boleh memaki Islam? Saya kan boleh mengatakan tersinggung. Kita sebagai orang Islam tersinggung kalau kita dibilang achterlijk (terbelakang red.) dan segala macam.” (Krisman Purwoko/radio netherland/RoL/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (42 votes, average: 9,83 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • budhi Prastyo

    Bravo pak habibie tunjukkan bahwa bangsa kita punya kewibawaan. Hajar terus bekas penjajah yg menyengsarakan rakyat Indonesia.

  • semestinya, org2 spt Wilders ini yg menjadi target bom

  • sudhi ashar

    Memang orang seperti wilders perlu dapat pelajaran supaya beradab. Semoga pak junus efendi habibie semakin teguh menjadi DUTA INDONESIA BERADAB. Untuk pak SBY jika datang ke belanda ajarilah mereka bangsa belanda seluruhnya, agar beradab dengan pelajaran yang terang, tegas dan jelas.

  • andhika

    thanks pak habibie yang sudah berani membela islam dan juga bangsa indonesia. Maju terus pak.

  • Agung

    Tidak ada harga diri tanpa jihad. Saya dukung jihadnya Pak Junus utk trus berkomentar pedas atau kritik trhdp wilders laknatullah.

  • affandi

    kayaknya pak junus efendie habibie cocok jadi mentri luar negeri RI..

  • pro belanda

    Excelent buat pak habibi. Perlu diketahui memang begitu kalo bangsa yang culas ingin menang sendiri, merasa benar sendiri, merasa memiliki derajat lebih tinggi dari negara lain. Itulah tabiat penjajah Belanda. Maju terus pak Habibi, jangan takut.

  • Teguh W

    Kayaknya kita butuh menlu spt pak Junus ini, bravo pak jihad u/ Islam & Indonesia.

  • sjamsumar

    Memang sangat perlu si Geert itu perlu diberi pelajaran, emangnya dia tu hebat, baru mimpin partai, yang sesungguhnya orang semacam dia tu tak cocok jadi pemimpin. Dia sampai menghina dan memaki-maki Islam, juga mengatakan achterlijk. Sesungguhnya ini sudah menjadi urusan Negara dan Islam. Namun bila si Geert minta ma’af kepada dunia mungkin perlu dipertimbangkan, wahai para pemimpin di Indonesia/Islam

  • ichwanul muslimin

    Pak yunus habibi mantap lanjutkan perjuangan demi harga diri umat islam dan bangsa, hajar terus compeny yang tdak tahu terimakasih.

  • jang nanang

    memang keluarga habibie bermanfaat untuk Indonesia yg bermartabat dan Islam, semoga Allah merahmatinya

  • yusuf wibisono

    jangankan seorang dubes yang seorang muslim dan dari keluarga yang sangat agamis, saya rakyat biasa pun kan marah jika ada orang yang menghina kesucian ISLAM, apalagi terlontar dari MULUT KAFIRUN. komentar saya adalah HANYA ORANG2 BERPENGETAHUAN TERBELAKANG yang mengatakan ISLAM AGAMA TERBELAKANG. untuk semua ummat ISLAM, BERSATULAH KALIAN SEMUA, jangan TAKUT pada apapun kecuali LAKNATTULLAH!!!!!!!! ALLAHUAKBAR…ALLAHUAKBAR…ALLAHUAKBAR…

  • Rosa Nugraha

    Quran sendiri sdh menjelaskan percuma memberitahukan kebenaran kepada makhluk2 yg memang sudah dilaknat Allah… Baiknya, disirnakan saja dia dan golongannya.

  • David Dana65

    hubungan RI dgn negara manapun yang menyinggung dan merendahkan martabat bangsa apalagi agama jangan diteruskan,kenapa mereka boleh memaki kita tetapi mereka marah bila kita balas.mungkin agama mereka mengijinkan bahkan tuhan mereka juga mengijinkan untuk menghina bahkan membunuh orang-orang yang tidak mau mengikuti ajaran mereka.apakah itu yang disebut dengan ajaran saya rasa itu tidak ada baik nya untuk di ikuti dan di imani.

  • Belanda ini aneh dan egois sekali yah, udah bikin salah, maah marah-marah.

  • Helmi indra

    Junus Effendi Habibi…Salut dan mantaPKS buat anda

Lihat Juga

Ilustrasi - Peta Turki di antara negara-negara di dunia. (ontheworldmap.com)

Kudeta Gagal di Turki dan Ujian Loyalitas Keislaman